GUNUNG SIBAYAK (2.212 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Utara

Gunung Sibayak masuk dalam kawasan Kabupaten Karo, satu wilayah dengan Gunung Sinabung dan juga Gunung Sibuaten. Namun, Gunung Sibayak adalah yang paling mudah trek-nya. Gunung Sibayak berketinggian 2.212 mdpl, dan merupakan yang terkecil dibandingkan Sinabung dan Sibuatan. Gunung ini juga merupakan gunung dengan jenis stratovolcano tipe A.

Nama “Sibayak” berdasarkan bahasa lokal diartikan sebagai “empat raja”. Nama ini erat kaitannya dengan legenda setempat yang menceritakan bahwa wilayah gunung ini dahulu ada empat orang raja yang berkuasa dan di kemudian hari meninggalkan harta-hartanya di gunung tersebut. Mitos tersebut kemudian memunculkan istilah Gunung Si Kaya sebagai nama lain dari Gunung Sibayak.

PENDAKIAN

Gunung Sibayak memiliki beberapa jalur. Pertama adalah Jalur Bambu (jalur wisata), yakni terletak di Desa Debuk Karo atau wisata air panas Sidebuk-Debuk. Jalur ini adalah jalur yang paling populer, banyak pendaki lokal dan juga mancanegara melalui jalur ini. Kedua adalah Jalur 54 yang merupakan wisata Penatapan. Disebut 54 karena itu adalah nama jalan (Jamin Ginting Km. 54 Berastagi). Jalur yang kedua ini terbilang lebih ekstrim dan lebih menantang ketimbang Jalur Bambu. Ketiga adalah Jalur Desa Semangat. Jalur yang ini memiliki trek yang tidak sulit namun masih jarang pendaki memilih jalur ini sebagai jalur pendakian.

PUNCAK

Puncak Sibayak berupa kaldera kawah yang sangat luas dan masih mengepulkan asap. Luas Kawah Sibayak mencapai 200 x 200 meter. Oleh sebab itu banyak pendaki yang mendirikan tenda di sekitar kawah lapangan Sibayak tersebut. Puncak Sibayak disebut Takal Kuda (Kepala Kuda)

Selain keunikan Puncak Sibayak yang sangat luas, gunung ini juga memiliki aliran air yang jernih di kaki gunungnya. Oleh sebab itu Gunung Sibayak dijadikan sebagai sumber mata air alami bagi minuman kemasan merk Aqua.

Selain perusahaan air minum alami, Gunung Sibayak juga dijadikan sebagai lokasi utama sebuah perusahaan yang memanfaatkan energi panas bumi.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Gunung Raja, Si kaya, Pintau
Elevasi : 2.212 mdpl
Lokasi : Sumatera Utara
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Karo
Keistimewaan : Salah satu gunung sumber air aqua, Puncak kawah seluas 200×200 meter
Jalur pendakian : Desa Debuk Karo, Desa Semangat
Tempat Ikonik : Kawah Sibayak
Puncak : Takal Kuda
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 3°14’27.4″N 98°30’14.1″E
Level pendakian : Mudah

Maps