GUNUNG LUBUK RAYA (1.825 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Utara

Gunung Lubuk Raya adalah gunung dengan jenis stratovolcano tipe B. Gunung ini terletak di perbatasan Tapanuli Selatan dan Padang Sidempuan. Gunung Lubuk Raya memiliki ketinggian 1.825 mdpl. Kaki gunung adalah berupa perkebunan salak. Kawasan Gunung Lubuk Raya masuk dalam wilayah konservasi yakni Hutan Lindung Batang Toru.

PENDAKIAN

Jalur pendakian gunung Lubuk Raya terletak di Desa Sitaratoit, Kabupaten Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Sebenarnya untuk pendakian Gunung Lubuk Raya belum memiliki jalur resmi. Baru di 2017 dibuka jalur pendakian dengan basecamp di Desa Sitaratoit. Meski demikian, pendakian Gunung Lubuk Raya terbilang masih sulit. Alasannya adalah karena jarang ada pendakian, trek yang ada adalah susur hutan yang memakan waktu lama. Pendakian Gunung Lubuk Raya memakan waktu kurang lebih 2 hari.

Kaki gunungnya masih banyak terdapat satwa liar seperti siamang, kijang, dan harimau. Gunung ini di dalamnya juga terdapat bangunan peninggalan Belanda yang disebut Slider. Hal ini menandakan peneliti Belanda telah menyusuri gunung ini.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Lubuk Raja
Elevasi : 1.825 mdpl
Lokasi : Sumatera Utara
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Hutan Lindung Batang Toru
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Sitaratoit
Puncak : Puncak Lubuk Raya
Lama pendakian : 2 hari
Tempat Ikonik :
Koordinat : 1°28’40.9″N 99°12’35.7″E
Level pendakian : Sedang

Baca Juga : Gunung Pusuk Buhit & Gunung Sibual-Buali

Maps