GUNUNG MAHAWU (1.311 MDPL)
Di Provinsi Sulawesi Utara

Gunung Mahawu adalah gunung api strato tipe A berketinggian 1.311 mdpl yang terletak di Kota Tomohon. Gunung Mahawu merupakan gunung wisata. Kawasan Gunung Mahawu adalah tempat bagi banyak spesies burung khas Sulawesi yakni sperti Celepuk (Otus manadensis), Pelanduk Sulawesi, Ceret Cokelat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

PENDAKIAN

Pendakian mencapai puncak terbilang mudah, karena telah dibuat akses jalan berupa anak tangga dari beton yang jumlahnya mencapai 150 anak tangga dan terdapat pembatas di kanan-kirinya. Selain itu, start pendakiannya sendiri sudah berada di elevasi 1.200 mdpl, jadi tinggal mendaki sebentar sudah bisa mencapai puncak Gunung Mahawu. Jalur wisata tersebut adalah Jalur Agro Wisata Rurukan.

PUNCAK

Puncak Gunung Mahawu berupa bibir kawah. Tersedia juga sebuah bangunan yang dijadikan sebagai gardu pandang. Kita bisa melihat pemandangan Kawah Mahawu dari gardu pandang tersebut. Selain itu, terlihat pula pemandangan Gunung Lokon yang mengepulkan asap, Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, dan pulau-pulau kecil lainnya. Kita bisa mengelilingi Kawah Mahawu yang memiliki lebar 180 meter dan kedalaman 140 meter. Untuk mengelilingi kawah dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Mahawoe, Roemengas
Elevasi : 1.311 mdpl
Lokasi : Kota Tomohon , Sulawesi Utara
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Tomohon
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur Agro Wisata Rurukan
Tempat Ikonik :
Puncak : Kawah Mahawu
Lama pendakian : 1 jam
Koordinat : 1°21’04.8″N 124°51’42.4″E
Level pendakian : wisata

Baca Juga : Gunung Tangkoko & Gunung Tamata

Maps