GUNUNG INELIKA (1.559 MDPL)
Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Gunung Inelika merupakan gunung api berkategori kompleks (yakni terdapat banyak lubang keluarnya lava) yang berlokasi di Kabupaten Ngada, Flores. Gunung Inelika sudah aktif sejak 1905 dan terakhir tahun 2001 terjadi letusan yang cukup besar. Gunung ini memiliki ketinggian 1.559 mdpl.

Gunung Inelika merupakan bentukan dari Gunung Wolo Ngada yang meletus dan membentuk beberapa puncak lainnya yang kesemuanya hampir mengerucut. Puncak-puncak tersebut yakni: Wolo Loboleke, Wolo Betiferi, Wolo Trikora, Wolo Runu, Wolo Lega Utara, Wolo Lega Selatan.

PENDAKIAN

Jalur pendakian yang tersedia yakni melalui Kampung Menge (13 km dari Kota Bajawa), dan Kampung Bolonga (melalui lereng barat). Selain itu, ada pula pos pengamatan yang terletak di Kampung Ngelupadi, Desa Wololika. Pendakian Gunung Inelika tidak begitu sulit, trek akan melewati punggungan gunung.

PUNCAK

Puncak Inelika terdapat tiga lubang kawah yang memanjang berukuran 300×20 m dan terisi air dengan warna berbeda-beda. Warna air kawah yakni cokelat kekuningan, cokelat kemerahan, dan hijau tosca.

Ada wisata pemandian air panas bernama “Mengeruda” yang terletak di Desa Piga. Pemandian tersebut unik karena berbentuk aliran sungai. Setelah menikmati pemandian tersebut, selanjutnya kita bisa pula menikmati kopi khas daerah Bajawa yang nikmat.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Inielika, Koek Peak, Wolo Inielika
Elevasi : 1.559 mdpl
Lokasi : Nusa Tenggara Timur
Jenis : Volcano Kompleks Tipe A
Pengelola : Pemerintah Ngada
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Kampung Menge, dan Kampung Bolonga
Tempat Ikonik : Mengeruda
Puncak : Puncak Inelika
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 8°43’08.7″S 120°58’28.6″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Iya & Gunung Rokatenda

Maps