GUNUNG TELOMOYO (1.894 MDPL)
Di Provinsi Jawa Tengah

Gunung Telomoyo memiliki ketinggian 1.894 mdpl dan tidak dikategorikan sebagai gunung api. Gunung ini termasuk dalam kategori gunung wisata. Namun sayangnya tidak seramai dengan tetanggnya, yakni Gunung Andong. Hal ini dikarenakan Gunung Telomoyo tidak sealami Gunung Andong. Untuk mencapai puncak Gunung Telomoyo kita bisa menggunakan kendaraan karena jalannya yang sudah diaspal.

Gunung Telomoyo terletak di perbatasan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Selain sebagai wisata pendakian, Gunung Telomoyo juga terkenal dengan wisata paralayangnya.

PENDAKIAN

Jalur yang tersedia adalah melalui Desa Dalangan. Pendakian Telomoyo bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Meskipun demikian jika kita ingin pendakian via trekking maka kita bisa jalan kaki saja melalui hutannya. Jika menggunakan kendaraan umumnya hanya dibutuhkan 30 menit untuk sampai puncak.

PUNCAK

Puncak Telomoyo ditandai dengan bangunan berupa tower yang tinggi. Berada di puncak Telomoyo kita bisa melihat Gunung Andong, Merbabu, Merapi, Ungaran, Sumbing-Sindoro, serta Gunung Lawu.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Telomoyo
Elevasi : 1.894 mdpl
Lokasi : Jawa Tengah
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Magelang
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Dalangan
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Tower
Lama pendakian : 30 menit – 2 jam
Koordinat : 7°21’40.2″S 110°23’59.9″E
Level pendakian : wisata

Baca Juga : Gunung Muria & Gunung Merapi

Maps