GUNUNG MERBABU (3.145 MDPL)
Di Provinsi Jawa Tengah

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung terfavorit bagi pendaki baik pendaki lokal maupun luar daerah. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl dan masuk dalam kategori stratovolcano tipe B. Gunung ini tercatat meletus pada tahun 1797. Setelah itu tidak ada catatan aktivitas vulkanik lagi. Nama “Merbabu” berasa dari kata “Meru” dan “Abu” yang artinya adalah Gunung Abu atau gunung yang mengeluarkan abu.

Secara administratif, Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Boyolali. Selain itu lokasinya juga dekat dengan Daerah Istimewa Yogyakarta yang mayoritas pengunjung Merbabu berasal dari sana. Entah penduduk asli maupun pendatang berstatus mahasiswa di Yogyakarta, tiap hari libur dan weekend, Gunung Merbabu selalu dipenuhi oleh para pendaki yang mayoritas datang dari Yogyakarta.

Sama halnya dengan Gunung Merapi, di Merbabu juga ada tradisi malam 1 Syuro, yakni tradisi syukuran atas berkah alam yang diberikan Sang Kuasa melalui Gunung Merbabu.

PENDAKIAN

Jalur pendakian Gunung Merbabu tercatat cukup banyak yakni: Jalur Selo, Kopeng Thekelan, Cuntel, Genikan, Wekas, Grenden, Suwanting, Gancik, Ngagrong, Timboa, dan Ngaduman. Jalur Selo adalah favorit para pendaki. Spot paling indah di Merbabu yakni berupa Sabana (lapangan rumput luas dan berbukit-bukit). Pendakian Gunung Merbabu rata-rata memakan waktu 6-8 jam sampai puncak.

Masing-masing jalur pendakian telah tersedia sumber air, namun kadang di musim kemarau sumber air tersebut menjadi kering. Namun ada pula yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga pendaki bisa mencari air hanya dengan memutar kran yang telah disediakan.

Beberapa satwa seperti monyet ekor panjang bisa kita temui di jalur pendakian. Selain itu, ada pula tower pemancar yang sudah tidak dipakai yang bisa kita temui jika melalui Jalur Thekelan maupun Cuntel.

PUNCAK

Puncak Gunung Merbabu bernama Puncak Syarif dan Puncak Kenteng Songo (tertinggi). Saat berada di puncak-puncak Merbabu kita bisa melihat pemandangan Gunung Lawu, Sindoro-Sumbing, Slamet, dan gunung-gunung lain di Jawa Tengah. Selain itu, Gunung Merbabu juga memiliki kawah yang disebut dengan Kawah Condrodimuko.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Gunung Damalung, Gunung Pamrihan
Elevasi : 3.145 mdpl
Lokasi : Jawa Tengah
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : TNGM
Keistimewaan : Sabana terindah di Jawa Tengah
Jalur pendakian : Jalur Selo, Kopeng Thekelan, Cuntel, Genikan, Wekas, Grenden, Suwanting, Gancik, Ngagrong, Timboa, dan Ngaduman
Tempat Ikonik : Sabana Merbabu
Puncak : Puncak Syarif dan Puncak Kenteng Songo
Lama pendakian : 6-8 jam
Koordinat : 7°27’15.4″S 110°26’22.8″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Muria & Gunung Rogojembangan

Maps