GUNUNG LOMPOBATTANG (2.870 MDPL)

Gambar Puncak Gunung Lompobattang
c: @panji.96

GUNUNG LOMPOBATTANG (2.870 MDPL)
Di Provinsi Sulawesi Selatan

Gunung Lompobattang adalah sebuah gunung yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan. Gunung Lompobattang memiliki ketinggian 2.870 mdpl dan masuk dalam kawasan Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Nama “Lompobattang” memiliki arti “perut yang besar”.

Gunung Lompobattang merupakan salah satu puncak tertinggi yang terdapat dalam jajaran gunung di Pegunungan Lompobattang. Gunung ini berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng. Selain berdekatan, tradisi yang dilakukan oleh masyarakat setempat juga sama, yakni melakukan “lebaran haji” di puncak gunung. Selain itu, tak jarang pula pendakian yang merangkap menjadi dua puncak yakni Puncak Lompobattang dan Puncak Bawakaraeng, atau sebaliknya. Jalur antar kedua gunung memang saling terhubung.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Lompobattang tersedia melalui Dusun Lembang Bu’ne (1.320 mdpl), dan Lengkese/Malino (1.995 mdpl), Kabupaten Gowa. Jalur Lembang terdapat air terjun setinggi 50 meter, sedangkan pada Jalur Lengkese ada air terjun bertingkat dengan total tinggi mencapai 100 meter. Keseluruhan jumlah pos pendakian adalah 10 pos (dalam angka romawi). Menuju puncak, trek pendakian berupa bebatuan terjal dengan kanan-kiri berupa jurang.

PUNCAK
Puncak Lompobattang berupa puncak tebing dan terdapat pilar sebagai penanda puncak. Terlihat pemandangan puncak Bawakaraeng dari puncak tersebut.
Jalur untuk menuju Puncak Bawakaraeng yakni dengan turun melewati jalur kiri. Trek adalah punggungan terjal dan harus dilalui dengan berjalan miring. Kita akan melewati spot Pasar setan Anjaya dan juga puncak Gunung Ko’bang. Puncak Ko’bang (2.870 mdpl) diyakini sebagai makam Raja Gowa sehingga disakralkan. Kemudian trek dilanjutkan naik-turun bukit terjal berbatu hingga mencapai Puncak Bawakaraeng. Perjalanan seterusnya turun melalui jalur Bawakaraeng.

buku 199 gunung

Nama lain : Piek van Bonthain
Elevasi : 2.870 mdpl
Lokasi : Sulawesi Selatan
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Gowa
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Dusun Lembang Bu’ne, dan Lengkese/Malino
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Lompobattang, Moncong Lompobattang
Lama pendakian : 1-2 hari
Koordinat : 5°20’46.3″S 119°55’54.4″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Bawakaraeng & Gunung Karua

Maps

  • 80%
    - 80%
  • 92%
    - 92%
  • 97%
    - 97%
89.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)