GUNUNG LOKON-EMPUNG (1.580 MDPL)
Di Provinsi Sulawesi Utara

Gunung Lokon-Empung adalah gunung kembar, atau juga disebut komplek dua puncak gunung yakni Gunung Lokon (1.580 mdpl) dan Gunung Empung (1.340 mdpl). Antara Lokon dan Empung hanya berjarak 2,2 km. Keduanya masuk dalam kawasan dataran tinggi Tondano.
Gunung Lokon-Empung disebut juga Gunung Tuhan karena dianggap sebagai tempat turunnya wahyu kepada manusia. Terdapat kawah di ketinggian 1.130 mdpl yang aktif mengepulkan asap. Letaknya di antara Puncak Lokon dan Puncak Empung. Kawah tersebut dinamakan “Kawah Tompaluan”. Umumnya pendakian gunung ini hanya mencapai kawah Tompaluan. Baik puncak Lokon dan Empung terbilang ekstrim dan ditakutkan adanya gas beracun yang terbawa angin.

Gunung Lokon dan Empung termasuk dalam kategori stratovolcano tipe A. Gunung Lokon tercatat pernah meletus pada 1951, 1991, 2001, 2011, dan 2014. Tahun 1991 adalah letusan terhebatnya.

PENDAKIAN

Pendakian Gunung Lokon-Empung tersedia melalui Jalur Desa Kinilow di Kota Tomohon. Jalur pendakian berupa perkebunan dan hutan aren. Hanya dibutuhkan waktu 3 jam saja untuk sampai puncak Kawah Tompaluan. Trek yang akan kita lalui adalah trek bebatuan dan pasir yang merupakan bekas muntahan lava.

PUNCAK

Puncak Gunung Lokon berada di sisi kiri, sedangkan Puncak Embung ada di sisi kanan. Puncak Lokon terdapat sebuah pilar penanda puncak. Selain itu terdapat pula sebuah kawah mati yang ditumbuhi vegetasi cukup lebat. Kemudin dari puncak Lokon tersebut akan terlihat pemandangan Gunung Klabat, Gunung Soputan, Gunung Manado Tua dan juga Pulau Bunaken.

LEGENDA

Legenda yang telah diceritakan turun-temurun mengisahkan bahwa dahulu Gunung Lokon menjadi tempat turunnya Dewa. Suatu saat ada manusia bernama “Warerah” yang mengintip ke dunia langit. Hal tersebut menyebabkan dewa marah dan mengejar Warerah. Meski demikian, Warerah justru tidak takut. Ia pun memotong Puncak Gunung Lokon hingga terlempar jauh ke utara dan menjadi Gunung Klabat, kemudian dipotong lagi dan terlempar ke lautan dan menjadi Gunung Manado Tua.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Tompaluan
Elevasi : 1.580 mdpl
Lokasi : Sulawesi Utara
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Minahasa
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Kinilow
Tempat Ikonik : Kawah Tompaluan
Puncak : Puncak Lokon, Puncak Empung
Lama pendakian : 2-3 jam
Koordinat : 1°21’23.9″N 124°47’50.3″E dan 1°22’23.3″N 124°48’09.5″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Ruang & Gunung Tamata

Maps Puncak Lokon

Maps Puncak Empung