PEGUNUNGAN ARFAK (2.940 MDPL)

Gambar Pegunungan Arfak Papua Barat
c: @satyawinnie

PEGUNUNGAN ARFAK (2.940 MDPL)
Di Provinsi Papua Barat

Pegunungan Arfak masuk dalam kawaasan Cagar Alam Pegunungan Arfak. Pegunungan ini merupakan kawasan pembentuk wilayah Provinsi Papua Barat di bagian utara dan secara administratif masuk dalam kawasan Manokwari. Kawasan Pegunungan Arfak merupakan titik tertinggi di Papua Barat. Namun hal ini masih belum pasti dikarenakan di beberapa wilayah lain di Papua Barat juga terdapat puncak-puncak lain dalam deretan pegunungan yang susah untuk diakses apalagi diukur.

Kawasan Pegunungan Arak terdapat lokasi yang melegenda, yakni berupa danau. Ada dua danau kembar yang dinamakan “Anggi Ginji” dan “Anggi Gita”. Konon menurut legenda, dua danau kembar tersebut dulunya adalah dua anak manusia yang saling memadu kasih. Anggi Ginji adalah seorang laki-laki, sedangkan Anggi Gita adalah seorang wanita.

Pendakian puncak tertinggi di Pegunguan Arfak sendiri termasuk pendakian yang sulit. Sulitnya akses di wilayah Papua Barat ditambah lagi liarnya kawasan hutan di Papua menjadi alasan utama sulitnya mendaki puncak tertinggi di Pegunugnan Arfak. Belum ada catatan lengkap terkait pendakian menuju puncak tertinggi Pegunungan Arfak.

Nama lain :
Elevasi : 2.940 mdpl
Lokasi : Provinsi Papua Barat
Jenis : Non-volcano
Pengelola :
Keistimewaan : Puncak tertinggi di Papua Barat
Jalur pendakian : ?
Tempat Ikonik : Danau Anggi Ginji, Danau Anggi Gita
Puncak :
Lama pendakian : ?
Koordinat : 1°09’25.3″S 133°58’46.4″E
Level pendakian : sulit

buku 199 gunung

Maps

  • 96%
    - 96%
  • 93%
    - 93%
  • 91%
    - 91%
  • 93%
    - 93%
93.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)