GUNUNG LEWOTOBI (1.703 MDPL)

GUNUNG LEWOTOBI (1.703 MDPL)
Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Gunung Lewotobi adalah sebuah gunung api kembar. Gunung tersebut memiliki puncak yang bentuk dan tingginya hampir sama. Puncak-puncak tersebut dinamakan Gunung Lewotobi Perempuan, dan Gunung Lewotobi Laki-Laki. Keduanya merupakan stratovolcano tipe A. Gunung Lewotobi Laki-laki memiliki ketinggian 1.548 mdpl, sedangkan Lewotobi Perempuan berketinggian 1.703 mdpl.

Secara administratif, Gunung Lewotobi masuk dalam kawasan Kecamatan Wulanggitang dan Kecamatan Ile Bura. Bagi masyarakat sekitar, kedua gunung Lewotobi disebut sebagai pasangan suami isteri. Antara puncak Lewotobi Laki-laki dan Lewotobi Perempuan terpaut jarak sekitar 2 km.

Tahun 2011 terjadi kebakaran hebat di lereng Gunung Lewotobi Perempuan, namun tidak berdampak terlalu luas terhadap lingkungan sekitar. Gunung Lewotobi Laki-Laki memiliki watak lebih ‘galak’, sedangkan Lewotobi Perempuan cenderung ‘jinak’. Tercatat pada 1939 Lewotobi Laki-Laki memuntahkan lahar. Kemudian juga pada 1991 dan 1999. Tahun 2002 dan 2003 juga tercatat adanya aktivitas vulkanik.

PENDAKIAN

Jalur yang tersedia sebagai jalur pendakian adalah melalui Desa Bawalatang. Ada kantor pusat vulkanologi yang mengamati kegiatan vulkanik Gunung Lewotobi di desa tersebut. Pendakian Gunung Lewotobi terbilang mudah. Pendakian di awal akan melewati perkebunan kakao, kemudian disusul dengan kawasan hutan, dan selanjutnya memasuki punggungan. Berada di atas 1.000 mdpl trek berupa bebatuan dan jurang, dan sampailah pada titik lembah antara Puncak Lewotobi Laki-Laki dan Lewotobi Perempuan. Berada di titik tersebut terdapat patok penanda. Selanjutnya kita bisa memilih tujuan puncak mana yang akan kita daki. Puncak Lewotobi Laki-Laki berbentuk lebih kerucut, sedangkan Puncak Lewotobi Perempuan agak datar.

PUNCAK

Puncak kedua gunung api tersebut bisa dibilang hampir sama, yakni memiliki kawah yang bentuknya bulat. Kawah Lewotobi Laki-laki berdiameter 400 meter, sedangkan kawah Lewotobi Perempuan berdiameter 700 meter.

buku 199 gunung

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Ile Lewotobi, Lobetobi, Lewotobi, Lowetobi
Elevasi : 1.703 mdpl
Lokasi : Nusa Tenggara Timur
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerinta Flores Timur
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Bawalatang
Tempat Ikonik :
Puncak : Lewotobi Perempuan, dan Lewotobi Laki-Laki
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 8°32’11.7″S 122°46’01.0″E dan 8°33’16.1″S 122°46’53.8″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Lereboleng & Gunung Boleng

Maps

Maps