GUNUNG ILE APE (1.423 MDPL)

GUNUNG ILE APE (1.423 MDPL)
Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Gunung Ile Ape atau disebut juga Ile Lewotolok adalah gunung api strato aktif, bertipe A. Gunung ini terletak di Pulau Lembata, NTT. Ile Ape memiliki catatan letusan yang cukup panjang. Tercatat gunung api ini sudah meletus sejak tahun 1660. Antara 1800-1900 Gunung Ile Ape sudah beberapa kali meletus. Terakhir gunung ini tercatat adanya aktivitas gempa vulkanik yakni pada tahun 2012. Sejak saat itu tidak pernah tercatat meletus kembali.

Gunung Ile Ape dianggap sebagai gunung keramat bagi masyarakat sekitar. Oleh sebab itu ada sebuah ritual yang disebut “Pau Bo”, yakni ritual sesembahan kepada Ile Ape supaya gunung tersebut tidak meletus.

PENDAKIAN

Jalur pendakian Ile Ape terdapat di banyak titik, di antaranya terletak di Desa Atawatung/Bau Kukang, Desa Jontona, Desa Bungamuda, Desa Lamatokan, Desa Kolontobo dan juga Kampung Lewotolok. Pendakian mtuembutuhkan wak 5 jam untuk bisa sampai pada puncak Ile Ape. Trek pendakian cukup mudah karena berupa savana-savana dan vegetasi yang tidak rapat. Ada spot bernama “Bukit Kasih Sayang” dimana saat melewati spot ini kita dianjurkan untuk saling tolong menolong satu sama lain.

PUNCAK

Puncak Gunung Ile Ape terdapat kawah besar dengan luas 1 km2 yang berbentuk bulan sabit dan masih aktif mengepulkan asap. Kawah tersebut dinamakan “Metong Lamataro”. Berada di puncak kawah kita bisa melihat pemandangan laut biru yang luas, terlihat pula Gunung Ile Boleng di Pulau Adonara.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Ile Lewotolo, Lewotolok
Elevasi : 1.423 mdpl
Lokasi : Nusa Tenggara Timur
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Lembata
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Atawatung/Bau Kukang, Desa Jontona, Desa Bungamuda, Desa Lamatokan, Desa Kolontobo dan Kampung Lewotolok
Tempat Ikonik : Bukit Kasih Sayang
Puncak : Kawah Bulan Sabit/ Metong Lamataro
Lama pendakian : 5 jam
Koordinat : 8°16’12.0″S 123°30’10.2″E
Level pendakian : mudah

buku 199 gunung

Baca Juga : Gunung Kelimutu & Gunung Rokatenda

Maps