GUNUNG PALUNG (1.116 MDPL)

GUNUNG PALUNG (1.116 MDPL)
Di Provinsi Kalimantan Barat

Gunung Palung adalah gunung yang terletak di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). Gunung Palung memiliki ketinggian 1.116 mdpl. Gunung ini bukanlah gunung yang umum sebagai pendakian, namun adalah gunung cagar alam dan sebagai objek penelitian karena di dalamnya terdapat ribuan spesies makhluk hidup yang langka.

Beberapa ekosistem yang sangat menawan dan menjadi objek pelestarian TNGP yakni hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang diselimuti kabut. Taman Nasional Gunung Palung membentang seluas 90.000 hektar dan mencakup beberapa wilayah yakni Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

TNGP menjadi taman nasional yang memiliki keragaman hayati terlengkap dibanding taman nasional lainnya di Indonesia. Tak ayal banyak peneliti yang berekspedisi dan melakukan penelitian di Gunung Palung ini. TNGP memiliki lebih dari dua ribu Orangutan, 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia. Oleh karena itu taman nasional ini disebut sebagai kampungnya Orangutan. Selain itu, TNGP diketahui paling sedikit memiliki 3.500-4.000 jenis vegetasi berkayu, termasuk di dalamnya 70 jenis family Dipterocarpaceae. Kondisi taman nasional yang hampir 70%-nya adalah ekosistem liar (tanpa campur tangan manusia) menjadikan tempat ini dihuni berbagai macam tumbuhan dan satwa liar.

PENDAKIAN

Pendakian gunung ini harus melalui pintu rimba TNGP. Tersedia fasilitas yang cukup lengkap yakni pondok jaga, stasiun penelitian, pos jaga, menara pandang/pengamat, jalan setapak, camp peneliti, laboratorium, tempat tinggal pengelola, dan perpustakaan. Pendakian umumnya bersifat penelitian. Kita juga bisa ditemani guide.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Bukit Palung
Elevasi : 1.116 mdpl
Lokasi : Kalimantan Barat
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)
Keistimewaan : Habitat terbesar Orangutan
Jalur pendakian : Pintu Rimba TNGP
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Palung
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 1°12’33.0″S 110°08’06.6″E
Level pendakian : sulit

buku 199 gunung

Baca Juga : Gunung Niut & Gunung Batu Daya

Maps