GUNUNG KELAM (1.002 MDPL)

GUNUNG KELAM (1.002 MDPL)
Di Provinsi Kalimantan Barat

Gunung Kelam atau lebih populer disebut Bukit Kelam adalah sebuah monolit atau “batu raksasa” yang terdapat di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalbar. Gunung batu raksasa ini berdiri dengan elevasi 1.002 mdpl sekaligus menjadikan gunung ini sebagai monolit atau gunung batu raksasa tertinggi di dunia. Dunia internasional lebih mengenal gunung batu “Ayers Rock” di Australia sebagai batuan terbesar di dunia. Namun kenyataannya Ayers Rock hanya setinggi 863 mdpl, sedangkan Bukit Kelam setinggi 1.002 mdpl

Bukit Kelam berada di antara dua sungai besar yakni Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Bukit Kelam dikelola oleh Taman Wisata Alam Bukit Kelam (atau disebut juga Hutan Wisata Bukit Kelam). Penyebutan “Kelam” dikarenakan warna gunung ini yang gosong kehitaman.

PENDAKIAN

Bukit Kelam berdiri kokoh membentang dari barat ke timur, dan untuk mendakinya tidak akan sulit karena telah dibuat tangga besi menuju puncak. Trek tangga berada di dinding bukit yang memiliki kemiringan 90 derajat. Hanya diperlukan 4-5 jam untuk mencapai Puncak Bukit Kelam. Pendakian pertama gunung batu ini adalah pada tahun 1800-an oleh sekumpulan peneliti dari Belanda.

Kawasan Bukit Kelam terdapat banyak spesies tumbuhan dan hewan. Salah satu yang khas adalah adanya 14 spesies dari tumbuhan Kantung Semar. Jumlah ini dianggap sebagai yang terbanyak dalam satu kawasan. Selain itu juga ada spesies Anggrek Hitam yang langka.

PUNCAK

Puncak Bukit Kelam berbentuk memanjang. Saat di puncak bisa terlihat jelas pemandangan Kota Sintang dan juga Sungai Melawi dan Kapuas. Spot di Bukit Kelam juga dijadikan lokasi untuk Paralayang dan Panjat Tebing.

buku 199 gunung

Lereng bukit Kelam juga terdapat spot alam lain berupa air terjun, candi, dan juga gua. Selain itu ada pula tempat wisata rohani katolik di kaki bukit, dan juga ada Rumah Panjang khas Adat Dayak.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Bukit Kelam
Elevasi : 1.002 mdpl
Lokasi : Kalimantan Barat
Jenis : Monolit (gunung batu)
Pengelola : Taman Wisata Alam Bukit Kelam
Keistimewaan :
• Gunung batu raksasa tertinggi di dunia
• Habitat bagi 14 spesies tumbuhan Kantung Semar
Jalur pendakian : Kelam Permai
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Bukit Kelam
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 0°04’25.9″N 111°39’18.0″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Batu Daya & Gunung Bawang

Maps