GUNUNG WILIS LIMAN (2.565 MDPL)
Di Provinsi Jawa Timur

Gunung Wilis Liman adalah salah satu puncak dalam deretan puncak gunung di Pegunungan Wilis. Gunung Wilis bisa dibilang sebagai ketua di deretan puncak tersebut. Secara administratif Pegunungan Wilis masuk dalam kawasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

PENDAKIAN

Jalur pendakian Gunung Wilis bisa dilakukan melalui enam jalur, yakni jalur dari Kecamatan Mojo (Kab. Kediri), Kecamatan Semen (Kab. Kediri), Kecamatan Sendang (Kab. Tulungagung), Bajulan/Roro Kuning (Kab. Nganjuk), Kandangan PTPN (Kab. Madiun), dan juga Jalur Kabupaten Ponorogo. Trek pendakian Gunung Wilis terbilang sulit, karena lebatnya hutan dan terjalnya trek. Namun pendakian masih dimudahkan dengan jalur terbuka saat perjalanan dari puncak ke puncak.

Berdasarkan catatan sejarah, Jendral Sudirman sempat singgah di kawasan Gunung Wilis sebelum melakukan penyerbuan Daerah Istimewa Yogyakarta yang saat itu dikuasai Belanda.

PUNCAK

Puncak Gunung Wilis adalah salah satu dari serangkaian puncak. Beberapa puncak dalam Pegunungan Wilis mewakili masing-masing daerah. Oleh sebab itu banyak terdapat patok-patok penanda batas wilayah di beberapa puncak. Puncak tertinggi salah satunya yakni Puncak Liman. Nama “Liman” atau “Lima” memiliki makna lima jalur atau wilayah. Hal ini karena komplek Puncak Liman masuk dalam kawasan lima wilayah.

Kabupaten Nganjuk memiliki 6 puncak, Kabupaten Kediri memiliki 6 puncak, Kabupaten Madiun memiliki 6 puncak, Kabupaten Ponorogo memiliki 18 puncak, Kabupaten Trenggalek memiliki 2 puncak, dan Kabupaten Tulungagung memiliki 2 puncak. Kawasan Pegunungan Wilis terdapat banyak spot air terjun dan juga gua. Spot air terjun paling terkenal adalah Air Terjun Dholo dan Air Terjun Trenggolo. Selain itu ditemukan pula beberapa petilasan dan makam. Selain itu, di kaki gunung juga berdiri sebuah gereja bernama Gereja Batu Puhsarang.

buku 199 gunung

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Liman, Limas, Ngliman, Wilis
Elevasi : 2.565 mdpl
Lokasi : Jawa Timur
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola :
Keistimewaan : Terdiri dari banyak puncak yang tersebar di 5 wilayah Kabupaten
Jalur pendakian : Kecamatan Mojo, Kecamatan Semen, Kecamatan Sendang, Bajulan/Roro Kuning, Kandangan PTPN, dan Jalur Ponorogo
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Tawang, Puncak Kandang, Puncak Liman, Puncak Batan, Puncak Kare, Puncak Dorowati, Puncak Limas
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 7°48’48.2″S 111°45’34.5″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Bromo & Gunung Suket

Maps