GUNUNG RAUNG (3.344 MDPL)

GUNUNG RAUNG (3.344 MDPL)
Di Provinsi Jawa Timur

Gunung Raung adalah sebuah gunung api aktif tipe A dengan ketinggian 3.332 mdpl sekaligus menjadi gunung tertinggi ke-2 di Jawa Timur setelah Gunung Semeru. Gunung Raung secara administratif terletak di Kabupaten Bondosowo, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi. Gunung ini juga masuk dalam kawasan Pegunungan Ijen dan menjadi yang tertinggi di antara lainnya. Sama halnya dengan kawasan lereng Gunung Ijen, di lereng Gunung Raung juga merupakan perkebunan yang khas dengan biji kopinya. Kopi di lereng gunung ini dinamakan Kopi Raung.

Nama “Raung” diambil dari suara kaldera gunung yang bunyinya meraung-raung. Gunung Raung sendiri telah aktif sejak tahun 1500-an, dan rutin meletus dari tahun 1990 hingga tahun 2000. Terkhir tercatat pada tahun 2015 Gunung Raung meletus namun tidak berdampak masif.

Gunung Raung memiliki predikat gunung dengan kaldera terbesar di Pulau Jawa. Kaldera Raung mencapai 750 x 2.250 meter. Terdapat kubah lava yang membentuk gunung dan senantiasa mengepulkan asap di dalam kaldera Gunung Raung. Setiap kali gunung ini aktif maka akan keluar suara raungan dari dalam kubah tersebut.

PENDAKIAN

Selain memiliki predikat kaldera terluas, Gunung Raung juga didapuk sebagai gunung dengan trek pendakian tersulit di Jawa. Kriteria sulit ini dinilai dari ketinggian gunung, jenis trek, dan juga lama pendakian. Pendakian untuk mencapai puncak-puncak Gunung Raung dibutuhkan peralatan panjat tebing seperti webbing, carabiner, hardness, dan ascender. Trek yang akan dilalui adalah tebingan sangat curam dengan lebar setengah meter dan kanan-kiri berupa jurang sedalam 200 meter lebih. Pendaki harus melakukan teknik rappeling dan jumaring untuk bisa naik dan turun tebing-tebing curam di Raung.

Jalur pendakian Gunung Raung tersedia melalui Jalur Kalibaru dan Sumber Waringin. Jalur Kalibaru adalah jalur resmi dan yang paling populer. Pendakian dibatasi hanya beberapa kelompok saja per malamnya. Hal ini dikarenakan terbatasnya tempat camp. Karena kriteria trek yang sulit, maka pendakian Gunung Raung diutamakan berkelompok dengan diketuai oleh guide yang pro, dan didampingi beberapa porter. Jalur Kalibaru adalah jalur utama dan yang paling populer. Aksesnya cukup mudah karena basecamp pendakian Kalibaru dekat dengan Stasiun Kereta Api Kalibaru. Sedangkan Jalur Sumber Waringin adalah jalur melalui punggungan gunung sebelah selatan.

buku 199 gunung

PUNCAK

Puncak Gunung Raung adalah tebing-tebing di bibir kaldera. Nama-nama puncak tersebut yakni Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati (tertinggi), serta Puncak Raung Selatan. Jika melalui Jalur Kalibaru maka bisa sampai pada Puncak Sejati Raung. Sedangkan jika melalui Jalur Sumber Waringin hanya bisa mencapai Puncak Selatan.

MITOS & LEGENDA

Gunung Raung tidak terlepas dari mitos dan legenda yang juga terdapat di gunung-gunung lain di Pulau Jawa. Konon kaldera Gunung Raung terdapat sebuah kerajaan yang dinamakan Kerajaan Macan Putih, tepatnya di sisi barat kaldera. Namun kerajaan ini tak kasat mata. Kerajaan ini dipimpin oleh Pangeran Tawangulun. Pangeran Tawangulun adalah anak Raja Majapahit yang hilang saat sedang bertapa di gunung dan tak pernah ditemukan keberadaannya. Melengkapi cerita mitos tersebut, pada pos-pos pendakian melalui jalur Kalibaru diberi nama yang juga berkaitan dengan mitos di Gunung Raung, antara lain: Pondok Sumur, Pondok Dedemit, Pondok Mayit, dan juga Pondok Angin. Pondok Sumur adalah lokasi untuk pertapaan. Pondok Dedemit konon adalah lokasi jual beli makhluk gaib. Pondok Mayit adalah lokasi ditemukannya mayat orang Belanda yang tergantung di pohon. Pondok Angin juga diyakini sebagai lokasi gerbang menuju kerajaan gaib.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Gunung Rawon, Gunung Api Raung
Elevasi : 3.332 mdpl
Lokasi : Jawa Timur
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Bondowoso, Banyuwangi, Jember
Keistimewaan :
• Gunung tertinggi ke-2 di Jawa Timur
• Gunung dengan kaldera terbesar di Pulau Jawa
• Gunung dengan trek tersulit di Pulau Jawa
Jalur pendakian : Kalibaru dan Sumber Waringin
Tempat Ikonik : Pondok Sumur, Pondok Dedemit, Pondok Mayit, dan juga Pondok Angin
Puncak : Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati, Puncak Raung Selatan
Lama pendakian : 2-4 hari
Koordinat : 8°07’32.7″S 114°02’47.3″E
Level pendakian : sulit

Baca Juga : Gunung Lawu & Gunung Kelud

Maps