GUNUNG PENANGGUNGAN (1.653 MDPL)
Di Provinsi Jawa Timur

Gunung Penanggunan merupakan stratovolcano tipe B yang terletak di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Gunung Penanggungan berdekatan dengan Gunung Arjuno dan Welirang. Sepintas jika dilihat dari jauh maupun saat mendaki menuju puncak, Gunung Penanggunan tampak seperti Gunung Semeru. Oleh sebab itulah gunung ini dijuluki sebagai “Miniatur Gunung Semeru”, ditambah lagi mitos yang beredar juga mengatakan kalau Gunung Penanggungan adalah bagian puncak Gunung Semeru yang dipindahkan.

Gunung Penanggunang memiliki predikat sebagai gunung yang menyimpan situs-situs sejarah paling banyak di Jawa. Hal ini tentu didasarkan catatan penemuannya. Telah ditemukan sebanyak 116 situs percandian Hindu-Budha di kawasan Gunung Penanggungan. Temuan-temuan tersebut mengarahkan pada spekulasi bahwa Gunung Penangunggan adalah lokasi sebuah kerajaan besar Hindu-Budha, dan spekulasi tersebut mengarah pada Kerajaan Majapahit.

Bukti lain yang menguatkan argumentasi bahwa Gunung Penanggunan adalah Keraton Majapahit yakni berupa faktor alam. Gunung Penanggungan adalah sebuah gunung kerucut sempurna yang dikelilingi oleh empat puncak gunung lain, yakni Gunung Bekel, Gunung Gajah Mungkur, Gunung Kemuncup, dan Gunung Sarah Klopo, sehingga kawasan pergunungan ini dijuluki “Pancawali Krama” yang artinya adalah “Bersatunya lima kekuatan utama”. Gunung Penanggunan berbentuk seperti tumpeng, sehingga jika dilihat dari sisi manapun bentuknya tetap sama.

Satu lagi bukti yang menguatkan bahwa Gunung Penanggunan adalah sebuah lokasi kerajaan, yakni ditemukannya jalur pendakian kuno yang berbentuk melingkar dan zig-zag. Jalur kuno tersebut ditemukan setelah terjadi kebakaran pada Gunung Penanggungan. Jika dilihat dari bentuk jalur yang berbeda dengan kebanyakan jalur pendakian gunung zaman modern, bisa ditarik kesimpulan bahwa jalur kuno tersebut adalah jalur yang dibuat pada masa kerajaan yang diyakini adalah Kerajaan Majapahit.

PENDAKIAN

Pendakian Gunung Penanggunan tersedia melalui Jalur Desa Wonosunyo (Kecamatan Gempol), Desa Tamiajeng (Kecamatan Trawas), Jalatunda (Desa Seloliman, Kecamatan Trawas), Desa Balekambang, dan Desa Kedungudi. Pendakian Gunung Penanggunan rata-rata memakan waktu 4-5 jam untuk mencapai puncak.

buku 199 gunung

PUNCAK

Puncak Gunung Penanggunan cukup luas dan datar. Berada di puncak tersebut akan terlihat Gunung Arjuno dan Welirang dengan jelas.

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Gunung Prawira
Elevasi : 1.653 mdpl
Lokasi : Jawa Timur
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Mojokerto
Keistimewaan :
• Miniatur Gunung Semeru
• Gunung yang menyimpan situs-situs sejarah paling banyak di Jawa
• Dikatakan sebagai kraton Kerajaan Majapahit
• Ditemukan jalur pendakian kuno
Jalur pendakian : Desa Wonosunyo, Desa Tamiajeng, Jalatunda, Desa Balekambang, dan Desa Kedungudi.
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Penanggungan
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 7°36’56.1″S 112°37’12.7″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Argopuro

Maps