GUNUNG SUMBING (3.371 MDPL)

GUNUNG SUMBING (3.371 MDPL)
Di Provinsi Jawa Tengah

Gunung Sumbing adalah kembaran dari Gunung Sindoro. Masyarakat sering menjuluki kedua gunung tersebut sebagai pasangan suami dan istri. Gunung Sumbing adalah si suami, dan Sindoro adalah si istri. Sedangkan gunung kecil di samping Gunung Sindoro yakni Gunung Kembang adalah sebagai si anak. Berada di antara Gunung Sumbing dan Sindoro terdapat jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Temanggung dengan Kabupaten Wonsobo yang dinamakan “Kledung Pass”. Pemandangan legendaris anak TK yang menggambarkan pemandangan dua gunung dengan sebuah jalan di tengahnya bisa direalisasikan sebagai Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan juga Kledung Pass.

Gunung Sumbing masuk dalam kategori stratovolcano tipe B dengan ketinggian 3.371 mdpl sekaligus menjadi gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa, dan tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet. Secara administratif Gunung Sumbing terletak di Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung ini tercatat pernah meletus pada tahun 1730. Setelah itu tidak tercatat meletus kembali. Namun pada Desember 2011 ada aktivitas vulkanik yang bergejolak di Puncak Kawah Sumbing. Nama “Sumbing” diambil dari sebuah kisah tentang seorang anak yang ditampar oleh orang tuanya hingga bibirnya menjadi sumbing.

PENDAKIAN

Jalur pendakian untuk mendaki Gunung Sumbing, yakni bisa melalui Jalur Garung (Kab. Wonosobo), Jalur Cepit Parakan (Kab. Temanggung), Jalur Bowongso (Kab. Wonosobo), Jalur Banaran (Kab. Temanggung), Jalur Sipetung (Kab. Temanggung), dan Jalur Mangli Kaliangkrik (Kab. Wonosobo). Pendakian Gunung Sumbing agaknya lebih berat ketimbang pendakian Sindoro, begitu menurut pengalaman para pendaki. Rata-rata pendakian mencapai 6-8 jam sampai puncak.

PUNCAK

Puncak Gunung Sumbing bernama Puncak Buntu, dan Puncak Sejati. Puncak Buntu adalah bibir kawah berbatu, sedangkan Puncak Sejati adalah batu besar yang menjulang di bibir kawah tersebut. Berada di Puncak Sumbing akan terlihat pemandangan Gunung Sindoro, Slamet, dan juga gunung-gunung di sisi timur seperti Merbabu, Merapi dan juga Lawu. Selain itu, dalam kawasan Gunung Sumbing juga terdapat Makam Ki Ageng Makukuhan yang menjadi lokasi ziarah tiap malam 1 syuro.

Gunung Sumbing juga memiliki banyak kisah misteri dan mitos, di antaranya yakni adanya raksasa hitam penjaga Gunung Sumbing, ada kisah tentang peri dan hantu-hantu jawa seperti pocong, kuntilanak, dan juga sundel bolong.

buku 199 gunung

DESKRIPSI GUNUNG

Nama lain : Sumbing
Elevasi : 3.371 mdpl
Lokasi : Jawa Tengah
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Jateng
Keistimewaan :
• Tertinggi kedua di Jawa Tengah
• Tertinggi ketiga di Pulau Jawa
Jalur pendakian : Jalur Garung (Kab. Wonosobo), Jalur Cepit Parakan (Kab. Temanggung), Jalur Bowongso (Kab. Wonosobo), Jalur Banaran (Kab. Temanggung), Jalur Sipetung (Kab. Temanggung), dan Jalur Mangli Kaliangkrik (Kab. Wonosobo).
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Buntu, dan Puncak Sejati
Lama pendakian : 6-8 jam
Koordinat : 7°23’06.8″S 110°04’21.4″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Slamet & Gunung Merapi

Maps