GUNUNG TONDANO PURBA

GUNUNG TONDANO PURBA

GUNUNG TONDANO
Gunung Tondano adalah sebuah gunung api raksasa purba yang meletus dan menghasilkan sebuah kaldera raksasa dengan ukuran 20×30 km. Bagian terendah dari kaldera tersebut membentuk sebuah danau. Danau tersebut dinamakan Danau Tondano. Danau tersebut terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Berada di dalam kaldera besar tersebut berdiri beberapa gunung api yang aktif, di antaranya yaitu Gunung Soputan, Gunung Lokon-Empung, Gunung Mahawu, dan Gunung Sempu.

Sebuah legenda mengisahkan bahwa dahulu kala di wilayah tersebut berdiri dua gunung raksasa di utara dan selatan. Masing-masing dikuasai oleh seorang raja yang sama-sama mempunyai anak tunggal. Raja Selatan memiliki anak laki-laki bernama “Maharimbow”, dan Raja Utara memiliki anak perempuan bernama “Marimbow”. Raja melarang anaknya untuk menikahi antar sesama anak raja. Namun pada saat kedua anak tersebut telah dewasa, mereka memutuskan untuk menikah satu sama lain. Tiba-tiba kedua gunung di utara dan selatan tersebut meletus dan terbentuklah sebuah danau. (Versi lain menceritakan kedua anak raja bernama “Toar” dan “Lumimuut”).

  • 97%
    - 97%
  • 98%
    - 98%
  • 97%
    - 97%
97.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)