GUNUNG TOLANGI-BALEASE (3.016 MDPL)

Gambar Puncak Gunung Tolangi Balease
c: @andiarumislami21

GUNUNG TOLANGI-BALEASE (3.016 MDPL)
Di Provinsi Sulawesi Selatan

Gunung Tolangi dan Gunung Balease adalah serangkaian gunung dalam Pegunungan Karoue. Karena antar kedua puncak saling berdekatan maka umumnya pendakian sekaligus mencapai kedua puncak. Puncak Tolangi berketinggian 3.016 mdpl, dan Puncak Balease berketinggian 2.894 mdpl.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Tolangi-Balease merupakan pendakian tersulit kedua setelah Pendakian Gunung Kabentonu. Gunung Kabentonu sendiri adalah puncak setelah Puncak Balease, hanya saja masih dibutuhkan 1-2 hari lagi untuk mencapai Puncak Kabentonu. Total dibutuhkan 7-10 hari dalam pendakian Tolangi-Balease. Sedangkan jika mencapai Puncak Kabentonu dibutuhkan total 10-15 hari. Jalur pendakian adalah dimulai dari Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone.

PUNCAK
Puncak pertama yang akan dilalui adalah Puncak Tolangi (3.016 mdpl), kemudian dilanjutkan Puncak Balease (2.894 mdpl). Untuk mencapai puncak ke puncak, treking dilakukan dengan melihat ‘stringline’ atau tanda pada pohon. Hal ini dikarenakan sulitnya mencari jalur sehingga akan berakibat fatal jika sampai salah jalur. Stringline sendiri biasanya telah dibuat oleh pendaki-pendaki sebelumnya, sehingga kita hanya mengikutinya saja. Selain itu ketersediaan sumber air dalam pendakian sangat sulit karena hanya ada di beberapa spot saja sedangkan pendakian memerlukan waktu berhari-hari. Oleh sebab itu, para pendaki-pendaki sebelumnya telah meninggalkan beberapa botol yang dibelah menjadi gelas sebagai penadah air hujan, dan ditinggalkan di beberapa pos pendakian, sehingga akan berguna bagi pendaki-pendaki yang akan datang selanjutnya.

Nama lain : Buyu Tolangi, Buyu Balease
Elevasi : 3.016 mdpl
Lokasi : Sulawesi Selatan
Jenis : Non-volcano, Pegunungan
Pengelola : Pemerintah Luwu Utara
Keistimewaan : Pendakian tersulit kedua di Sulawesi
Jalur pendakian : Desa Bantimurung
Tempat Ikonik : Air terjun Bantimurung, Lembah Waru, Negeri Lumut
Puncak : Puncak Tolangi, Puncak Balease
Lama pendakian : 7-10 hari
Koordinat : 2°25’39.5″S 120°32’21.4″E dan 2°24’21.2″S 120°32’32.9″E
Level pendakian : sulit

buku 199 gunung

Baca Juga : Gunung Kabentonu

Maps

Maps

  • 88%
    - 88%
  • 93%
    - 93%
  • 88%
    - 88%
  • 91%
    - 91%
90%
Sending
User Review
0 (0 votes)