GUNUNG TEON-NILA-SERUA (TNS)

GUNUNG TEON-NILA-SERUA (TNS)
Di Provinsi Maluku

TNS adalah kependekan dari jajaran pulau vulkanik bernama Pulau Teon, Pulau Nila, dan Pulau Serua. Ketiganya masuk dalam kawasan Provinsi Maluku. Terjadi perpindahan penduduk dari tahun 1978 hingga 1981 menuju pulau-pulau terdekat, salah satunya yakni Pulau Seram. Perpindahan penduduk tersebut secara berangsur-angsur menghilangkan kebudayaan di ketiga pulau tersebut.

GUNUNG SERAWERNA (PULAU TEON)
Gunung Serawerna adalah nama gunung di Pulau Teon. Nama lainnya yakni Teun, Teuun, dan Tean. Gunung Serawerna memiliki ketinggian 655 mdpl saja. Gunung ini adalah gunung api aktif. Tercatat letusan terakhirnya adalah pada tahun 1904. Kawasan Gunung Serawerna didominasi oleh pepohonan kelapa. Pendakian Gunung Serawerna bisa dimulai dari Kampung Mesa.
Koordinat : 6°58’30.6″S 129°08’33.0″E
Maps

GUNUNG LAWARKAWRA (PULAU NILA)
Gunung Lawarkawra berada di Pulau Nila. Posisi pulau tersebut berada di timur laut Pulau Teun. Gunung ini juga merupakan gunung api, namun keaktifannya masih kecil. Tercatat sudah sejak abad ke-16 kawasan Pulau Nila telah dieksplor oleh penjajah VOC. Nama lain Gunung Lawarkawra dalah Gunung Lina, dan Gunung Kokon.
Koordinat : 6°44’31.2″S 129°30’52.0″E
Maps

GUNUNG WUARLAPNA (PULAU SERUA)
Gunung Wuarlapna adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di Laut Banda atau sering disebut juga sebagai Pulau Serua. Pulau vulkanik tersebut merupakan gunung api yang aktif dan memiliki catatan vulkanik yang panjang yakni sejak 1683 hingga 1921. Gunung Wuarlapna memiliki elevasi 641 mdpl, namun jika diukur dari dasar laut ketinggiannya mencapai 3.600 meter. Pulau Serua atau Gunung Wuarlapna sendiri tidak berpenghuni. Beberapa penduduk ada yang mendiami di pulau tersebut, namun hanya untuk berladang. Dahulu terdapat beberapa penduduk yang bermukim di pulau vulkanik tersebut, namun karena pertimbangan keselamatan, maka semuanya telah berpindah ke Pulau Banda dan juga Pulau Seram. Secara umum, pendakian Gunung Wuarlapna adalah sulit. Akses menuju gunung itu sendiri sangat sulit karena terletak di tengah lautan dan terisolir dari pulau lain. Titik start pendakian bisa dimulai melalui Kampung Lesluru, salah satu nama perkampungan di kaki gunung. Terdapat kawah yang masih aktif dan tandus di puncak Gunung Wuarlapna. Nama lain Gunung Wuarlapna adalah Gunung Legatala, Pulau Serua, Sorek.
Koordinat : 6°18’43.3″S 130°00’56.4″E
Maps

  • 89%
    - 89%
  • 84%
    - 84%
  • 84%
    - 84%
85.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)