GUNUNG TELAGA BODAS (2.201 MDPL)

Kawah Gunung Telaga Bodas
c: @zihadbeton

GUNUNG TELAGA BODAS (2.201 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Telaga Bodas lebih sering disebut Talaga Bodas, adalah sebuah tempat wisata gunung berupa kawah sulfur yang luas. Gunung ini terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dan memiliki ketinggian 2.201 mdpl. Jenis gunung ini adalah stratovolcano tipe B. Meskipun secara elevasi tebilang sedang, karena berketinggian di atas 2.000 mdpl, namun wilayah di sekitarnya yang merupakan dataran tinggi menjadikan gunung ini tidak sulit untuk didaki.

Telaga Bodas adalah gunung wisata, jadi sudah tersedia akses yang mudah, dan pendakian yang juga mudah. Lokasi utama dari wisata tersebut adalah kawah yang berada di puncak yang bernama Danau Putih.

PENDAKIAN
Karena sudah tersedia akses yang mudah, maka untuk melakukan pendakian Gunung Telaga Bodas menjadi mudah. Jalur yang tersedia antara lain melalui Jalur Desa Sukamenak di Kecamatan Wanaraja (jalur wisata), dan Jalur Desa Sukahening Rajapolah (jalur trekking). Jika melalui jalur wisata, maka kita bisa menggunakan kendaraan untuk mencapai kawah.

Sedangkan jika melalui jalur trekking, umumnya dibutuhkan 4-5 jam untuk mencapai puncak. Beberapa satwa yang menghiasi gunung ini antara lain adalah macan, dan monyet ekor panjang. Selain itu beberapa lokasi di lereng gunung tak jarang digunakan sebagai trek untuk motor cross ataupun sepeda downhill.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Gunung Telaga Bodas terdapat danau kawah sulfur yang cukup luas dan warnanya biru putih. Danau ini berada di ketinggian 1.740 mdpl, sedangkan bibir kawah adalah puncak tertinggi yakni di 2.201 mdpl.

Nama lain : Talaga Bodas, Danau Putih
Elevasi : 2.201 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Garut
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur Desa Sukamenak, Jalur Desa Sukahening Rajapolah
Tempat Ikonik : Pancuran Tujuh, Danau Kawah Telaga Bodas
Puncak : Puncak Telaga Bodas
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 7°12’40.9″S 108°03’51.7″E dan 7°13’29.3″S 108°03’33.7″E
Level pendakian : wisata

Baca Juga : Gunung Tangkuban Perahu & Gunung Guntur

Maps

Maps

  • 82%
    - 82%
  • 84%
    - 84%
  • 82%
    - 82%
82.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)