GUNUNG TANGKUBAN PERAHU (2.084 MDPL)

Kawah Gunung Tangkuban Perahu
c: @kabutpelangi_

GUNUNG TANGKUBAN PERAHU (2.084 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung wisata paling terkenal di Jawa Barat, khususnya wilayah Bandung Raya. Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 mdpl dan merupakan stratovolcano tipe A yang masih aktif. Tercatat letusan terakhir gunung ini adalah di tahun 2014.

Menurut banyak orang, Gunung Tangkuban Perahu diyakini sebagai bentukan dari sebuah letusan dahsyat gunung purba raksasa bernama Gunung Sunda yang terjadi 105.000 tahun yang lalu. Gunung Sunda ini juga diyakini sebagai penyebab utama tebentuknya wilayah Dataran Tinggi Bandung Raya yang memiliki banyak gunung berapi. Wilayah Bandung Raya sendiri rata-rata ada di ketinggian 700 mdpl.

Pendakian pertama ke Gunung Tangkuban Perahu tercatat ada di tahun 1713 oleh orang Belanda. Kontribusi masa kolonial terhadap beberapa gunung api di Jawa Barat terbilang cukup signifikan, buktinya adalah banyaknya gunung api yang dijadikan tempat wisata.

Tangkuban Perahu juga dikenal dengan legendanya yang diceritakan turun temurun. Dahulu ada seorang sakti mandra guna bernama Sangkuriang. Ia mencintai seorang wanita cantik yang usut punya usut ternyata adalah ibu kandungnya sendiri yang awet muda dan telah terpisah dengan anaknya, Sangkuriang, sejak kecil. Wanita itu bernama Dayang Sumbi.Sangkuriang meminang Dayang Sumbi tanpa tahu kalau ia adalah ibu kandungnya. Dayang Sumbi lantas memberikan syarat yang sangat berat, yakni Sangkuriang harus membuat telaga dan perahu besar dalam satu malam hingga batas subuh hari. Sangkuriang menyanggupinya, dan ia hampir menyelesaikan tugasnya itu. Dayang Sumbi menyuruh ayam untuk segera berkokok supaya menandakan subuh sudah tiba. Benar saja, ayam berkokok dan Sangkuriang pun telah gagal. Karena marah besar, Sangkuriang menendang perahu yang dibuatnya hingga terbang dan jatuh tengkurap dan jadilah Gunung Tangkuban Perahu.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Secara umum pendakian Tangkuban Perahu dikatakan sebagai wisata, karena untuk mencapai bibir kawah dan juga puncak tertingginya bisa diakses dengan sangat mudah dan bahkan sudah tersedia jalan untuk kendaraan. Lereng Gunung Tangkuban Perahu dihiasi oleh populasi pohon pinus yang rindang dan perkebunan teh, sekaligus menyejukkan mata para wisatawan yang berkunjung.

PUNCAK
Puncak Tangkuban Perahu berupa kawah belerang yang masih aktif mengepulkan asap. Wisatawan yang berkunjung hanya diperbolehkan berada di bibir kawah saja.

Nama lain : Tangkuban Prahu
Elevasi : 2.084 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Bandung
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur Wisata Tangkuban Perahu
Tempat Ikonik : Kawah Tangkuban Perahu (Kawah Ratu)
Puncak : Tebing Tangkuban Perahu
Lama pendakian : 30 menit – 3 jam
Koordinat : 6°45’40.7″S 107°36’17.5″E dan 6°45’29.4″S 107°37’04.5″E
Level pendakian : wisata

Baca Juga : Gunung Galunggung & Gunung Masigit

Maps

Maps

  • 86%
    - 86%
  • 84%
    - 84%
  • 84%
    - 84%
84.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)