GUNUNG TANGGAMUS (2.102 MDPL)

Puncak Gunung Tanggamus Lampung
c: @lampuung

GUNUNG TANGGAMUS (2.102 MDPL)
Di Provinsi Lampung

Gunung Tanggamus adalah gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung, yakni dengan ketinggian 2.102 mdpl. Gunung Tanggamus tergolong sebagai stratovolcano tipe B.

Nama Tanggamus juga digunakan sebagai nama kabupaten, dengan maksud bahwa Gunung Tanggamus adalah penyangga kehidupan di wilayah Kabupaten Tanggamus. Secara administratif, Gunung Tanggamus masuk dalam kawasan Kecamatan Kota Agung, Kecamatan Ulubelu, serta Kecamatan Gisting.

Berada di kaki Gunung Tanggamus terdapat sebuah teluk yang dinamakan Teluk Semaka. Atas keindahan teluk tersebut dan kemegahan Gunung Tanggamus sebagai salah satu atap tertinggi di Provinsi Lampung, pemerintah setempat mengadakan sebuah kegiatan wisata yang dinamakan Tour D’Semaka.

Kaki Gunung Tanggamus adalah perkebunan pepaya, jamu, kopi dan juga kol. Sementara lebih ke atas adalah hutan pepohonan meranti, kruing, balau, rotan dan juga pakis hutan. Beberapa satwa liar seperti siamang dan monyet tak jarang juga terlihat di kaki Gunung Tanggamus.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Tanggamus tersedia melalui Jalur Gisting, Jalur Kobra, serta Jalur Kota Agung. Jalur Gisting adalah jalur terpopuler. Sedangkan dua lainnya adalah jalur yang lebih sepi dan ekstrim.

Jalur Gisting adalah jalur melalui Desa Tanggamus di Kecamatan Gisting. Basecamp Sonokling adalah nama tempat pendaftarannya. Lokasi ini berada di ketinggian 700 mdpl.

Meskipun terbilang ketinggian sedang, namun pendakian Gunung Tanggamus adalah termasuk dalam kategori mudah. Hal tersebut disebabkan titik start pendakian telah berada di ketinggian yang cukup tinggi. Gunung Tanggamus terletak di antara Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Tanggamus. Jalan utama yang menghubungkan dua wilayah tersebut adalah melalui lereng Gunung Tanggamus. Jalan tersebut sering berkabut, curam dan kadang terjadi longsor jika musim hujan.

PUNCAK
Berada di puncak Tanggamus kita bisa melihat keindahan Teluk Semaka yang eksotis. Hasil bumi berupa kopi adalah komoditi dari Provinsi Lampung dan perkebunan kaki Gunung Tanggamus adalah salah satu penyumbang terbesarnya. Masyarakat lokal dikenal sebagai penikmat Kopi (robusta) Tanggamus dengan gula aren.

Nama lain : Bukit Tanggamus
Elevasi : 2.102 mdpl
Lokasi : Lampung
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Tanggamus
Keistimewaan : Gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung
Jalur pendakian : Jalur Gisting, Jalur Kobra, dan Jalur Kota Agung
Tempat Ikonik : Teluk Semaka
Puncak : Puncak Tanggamus
Lama pendakian : 6-8 jam
Koordinat : 5°25’37.1″S 104°40’29.3″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung Tanggang & Gunung Anak Krakatau

Maps

  • 76%
    - 76%
  • 72%
    - 72%
  • 74%
    - 74%
74%
Sending
User Review
0 (0 votes)