GUNUNG TANDIKAT (2.438 MDPL)

Puncak Gunung Tandikat Tandikek Sumatera Barat
c: @minangtoursm

GUNUNG TANDIKAT (2.438 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Barat

Gunung Tandikat disebut juga Gunung Tandikek (Bahasa Minang). Gunung ini memiliki ketinggian 2.438 mdpl dan berjenis stratovolcano tipe A. Secara administratif Gunung Tandikat terletak di wilayah Padang Pariaman dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

Meskipun gunung api tipe A, namun gunung ini tidak menampilkan aktivitas yang berlebihan. Hanya terlihat kawah berbau belerang saja di puncaknya. Namun gejala keaktifan gunung api tidak ada yang tahu kapan akan diam dan kapan akan meletus. Gunung Tandikat termasuk dalam gunung dengan julukan Puncak Tri Arga atau “Tiga Penyangga Langit Minangkabau”, dua lainnya adalah Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Secara umum, Gunung Tandikat masih jarang untuk pendakian. Dan trek pendakian gunung ini terbilang mudah.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Tandikat yakni: Jalur Anai Resort, Jalur Desa Malalak, dan Jalur Desa Singgalang Genting.

buku 199 gunung

Jalur Anai Resort adalah yang paling populer. Jalur ini dibuat pada tahun 1998 dan ketinggian sekitar 665 mdpl, jadi lumayan tinggi untuk mencapai puncak yang berketinggian 2.400-an. Pada jalur ini kita bisa menjumpai air terjun yang bernama Air Terjun Lurah. Dan pada ketinggian di atas 1.000 mdpl kita sudah bisa menikmati pemandangan Kota Pariaman yang sejuk.

Jalur lain yakni Desa Malalak, dan Desa Singgalang Ganting (di Tana Datar) merupakan jalur alternatif dan masih berupa trek tertutup dan jarang dilalui pendaki.

Gunung Tandikat memiliki spesifikasi vegetasi rapat sehingga jika dilihat dari kejauhan akan tampak hijau pekat. Oleh sebab itu trek pendakian gunung ini berupa tumbuhan rimbun, berlumpur, dan lembap. Pada ketinggian 600 – 1.700 mdpl banyak terdapat pecat di jalur pendakian. Di gunung ini ada satwa liar dilindungi yakni Harimau Sumatera. Warga lokal menyebutnya “inyiak” atau “ayak”

PUNCAK
Puncak Gunung Tandikat adalah berupa kaldera kawah yang tidak banyak berisi air. Jika turun ke dalam kaldera kita bisa menjumpai gua kecil di sisi dinding kaldera.

Nama lain : Tandikek, Tandikai
Elevasi : 2.438 mdpl
Lokasi : Sumatera Barat
Jenis : Volcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Padang Pariaman dan Tanah Datar
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur Anai Rresort, Jalur Desa Malalak, dan Jalur Desa Singgalang Genting
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Kawah Tandikat
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 0°25’57.7″S 100°19’14.6″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung Pasaman & Gunung Singgalang

Maps

  • 79%
    - 79%
  • 77%
    - 77%
  • 86%
    - 86%
80.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)