GUNUNG TALAMAU (2.913 MDPL)

Puncak Gunung Talamau Talakmau Sumatera Barat
c:@coach_nany

GUNUNG TALAMAU (2.913 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Barat

Gunung Talamau merupakan gunung api yang tidak aktif. Digolongkan tipe B. Gunung ini memiliki ketinggian 2.913 mdpl dan menjadi yang tertinggi di Sumatera Barat. Gunung Talamau terletak di Kabupaten Pasaman Barat. Secara umum daerah Kabupaten Pasaman Barat tidak begitu populer dengan pendakian, mungkin itu menjadi alasan mengapa Gunung Talamau juga terdengar tidak begitu populer bagi pendakian. Namun di balik itu semua, gunung ini justru memiliki banyak keistimewaan yang gunung-gunung lain tidak miliki.

Gunung Talamau adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat. Bagi pendaki rasanya wajib mendaki gunung ini, apalagi pendaki lokal. Selanjutnya, di puncak Gunung Talamau terdapat telaga yang jumlahnya ada 13, sekaligus menjadi telaga terbanyak di atas gunung se-Indonesia. Telaga ini adalah kaldera mati yang terisi air. Pendakian Gunung Talamau dikenal dengan pendakian dengan jalur terbersih. Hal ini dikarenakan jarangnya gunung ini didaki. Mata air dari aliran sungai sangat bersih. Vegetasi dari pepohonan yang rindang dan lebat. Tiga belas telaga di Puncak Gunung Talamau berada di ketinggian 2.759 mdpl yakni: Telago Biru, Biluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rupiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa Satwa, Siuntuang Sudah, Tapian Puti, Mambang Surau, Sutan Bagindo. Pada musim hujan telaga-telaga itu akan terisi air, namun jika sedang tidak hujan maka beberapa akan kering.

Kaki Gunung Talamau juga memiliki spot alam yang eksotis yakni air terjun yang bernama Puti Lenggo Geni yang airnya jatuh dari ketinggian 100 meter. Air terjun tersebut menjadi salah satu keistimewaan Gunung Talamau yang tidak dimiliki gunung-gunung lain.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Talamau bisa dilakukan melalui jalur Desa Pinagan, Desa Malampah, dan Desa Kinali. Jalur yang paling populer adalah Desa Pinagan. Sedangkan jalur lain masih belum tereksplor dan jarang dilalui.

buku 199 gunung

Pendakian Gunung Talamau bisa dikatakan pendakian yang panjang karena titik start pendakian adalah pada ketinggian 320 mdpl, yang berarti masih sekitar 2.500 mdpl lagi menuju puncak. Rata-rata pendakian gunung ini adalah 1-3 hari, dari mulai start hingga turun lagi. Rute pendakian sudah jelas karena telah dipasang tanda atau papan penunjuk. Meskipun trek yang panjang dan menanjak, namun pemandangan alam yang masih liar dan kondisi trek bersih dari sampah manusia akan membuat pendakian semakin menyenangkan.

Beberapa hewan ikonik Gunung Talamau antara lain: rangkung, elang, orangutan, dan kura-kura. Vegetasi di kaki gunung antara lain adalah perkebunan jagung, pohon salak, dan kelapa sawit khas Sumatera.

Pendakian Gunung Talamau memiliki banyak spot air yang melimpah, oleh sebab itu para pendaki tidak perlu khawatir kekurangan persediaan air. Gunung Talamau juga dikenal dengan lokasi camping ground-nya yakni “Bukit Harimau Campo”

PUNCAK
Puncak Talamau ada tiga yakni Tri Martha, Rajawali, dan Rajo Dewa. Pemandangan yang dapat ditemukan dari puncak Gunung Talamau yakni pemandangan Gunung Pasaman dan juga kaldera-kaldera yang menjelma menjadi telaga menghiasi kaki-kaki Puncak Talamau.

Nama lain : Talakmau, Gunung Ophir
Elevasi : 2.913 mdpl
Lokasi : Sumatera Barat
Jenis : Volcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Pasaman Barat
Keistimewaan :
• Telaga di puncak gunung terbanyak di Indonesia
• Gunung tertinggi di Sumatera Barat
Jalur pendakian : Desa Pinagan, Desa Malampah, dan Desa Kinali
Tempat Ikonik : 13 telaga, Air terjun Puti Lenggo Geni, Bukit Harimau Campo
Puncak : Tri Martha, Rajawali, dan Rajo Dewa
Lama pendakian : 1-3 hari
Koordinat : 0°04’43.7″N 99°59’03.3″E
Level pendakian : Sedang

Baca Juga : Gunung Sago & Gunung Pasaman

Maps

  • 86%
    - 86%
  • 88%
    - 88%
  • 83%
    - 83%
85.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)