GUNUNG TAJAM (510 MDPL)

Gambar Gunung Tajam Belitung
c: beautifulbelitung

GUNUNG TAJAM (510 MDPL)
Di Provinsi Bangka Belitung

Gunung Tajam adalah gunung tertinggi di Pulau Belitung. Ketinggiannya adalah 510 mdpl. Meski tidak tinggi namun gunung ini menjadi ikonik gunung di Pulau Belitung.

Gunung Tajam bukan hanya dikenal dengan pemandangan gunung yang indah bagi wisatawan, namun juga dikenal dengan mitos dan legendanya. Puncak Gunung Tajam adalah berupa lahan yang terdapat makam sesepuh bernama Syekh Abubakar Abdullah. Beliau adalah tokoh pendatang yang menyebarkan agama Islam di Pulau Belitung dan namanya hingga kini menjadi ikon Gunung Tajam. Kisahnya berawal dari keberhasilannya menyebarkan islam hingga seorang yang sakti bernama Tuk Kunto pun menjadi muridnya. Prestasinya menyebarkan Agama Islam ternyata mendapat pertentangan dari seorang sakti lainnya yakni Kyai Agus Bustom yang merupakan pemimpin Kerajaan Balok. Keduanya terlibat pertarungan yang ujungnya menewaskan pula Syekh Abubakar Abdullah. Beliau pun berpesan kepada muridnya untuk memakamkannya di ‘antara bumi dan langit’. Kemudian dimakamkanlah Syekh Abubakar Abdullah di puncak tertinggi Pulau Belitung yakni Puncak Gunung Tajam. Mitos yang beredar dan dipercaya masyarakat lokal yakni setiap anak keturunan Kyai Agus Bustom tidak bisa mendaki Gunung Tajam hingga mencapai puncak.

PENDAKIAN
Jalur pendakian terdapat di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badar Belitung. Kita bisa menjumpai air terjun bernama “Gurok Beraye” dan juga ada jembatan kecil dan sungai kecil. Trek juga ada tanjakan dari tangga batu dengan sekeliling adalah hutan dengan vegetasi yang rapat. Karena mungkin jalur yang monoton dan panjang, maka banyak pendaki yang menyerah untuk sampai puncak Gunung Tajam. Dan hal ini diperkuat dengan mitos yang beredar.

PUNCAK
Puncak Gunung Tajam terdiri dari Puncak Laki, dan Puncak Bini. Puncak Bini adalah yang tertinggi. Gunung Tajam jika dilihat dari kejauhan terlihat puncaknya yang tajam, untuk itu gunung ini dinamakan Tajam. Hewan paling terkenal di kawasan Belitung adalah Pelilean, atau semacam bajing dengan mata bulat.

buku 199 gunung

Nama lain : Gunong Tajam
Elevasi : 510 mdpl
Lokasi : Bangka Belitung
Jenis : Non volcano
Pengelola : Pemerintah Belitung
Keistimewaan : Gunung tertinggi di Pulau Belitung
Jalur pendakian : Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor
Tempat Ikonik : Makam Syekh Abubakar Abdullah , Air Terjun Gurok Beraye
Puncak : Bini, Laki
Lama pendakian : 3-4 jam
Koordinat : 2°47’09.8″S 107°52’23.9″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung di Bangka “Gunung Maras

Maps

  • 78%
    - 78%
  • 81%
    - 81%
  • 76%
    - 76%
78.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)