GUNUNG SLAMET (3.428 MDPL)

Puncak Gunung Slamet
c: @martunanda

GUNUNG SLAMET (3.428 MDPL)
Di Provinsi Jawa Tengah

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah, sekaligus tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 mdpl dan merupakan gunung api yang masih aktif. Gunung Slamet merupakan satu-satunya gunung di Indonesia yang terletak di lima wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan juga Kabupaten Pemalang.

Gunung Slamet adalah gunung api aktif. Puncak Gunung Slamet terdapat kawah yang masih aktif mengepulkan asap. Gunung Slamet tercatat meletus pada tahun 1999, 2009, dan 2014. Nama “Slamet” sendiri memiliki arti “Selamat”. Hal ini ada kaitannya dengan kepercayaan masyarakat Jawa yang meyakini bahwa Gunung Slamet merupakan salah satu gunung yang breperan penting terhadap kestabilan Pulau Jawa. Mitosnya, jika Gunung Slamet meletus maka akan membelah Pulau Jawa (Ramalan Joyoboyo).

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Slamet bisa melalui Jalur Bambangan (Kab. Purbalingga), Jalur Baturaden (Kab. Banyumas), Jalur Dhipajaya (Kab. Pemalang), Jalur Guci (Kab. Tegal), Jalur Dukuhliwung (Kab. Tegal), Jalur Kaliwadas (Kab. Brebes), dan Jalur Kaligua (Kab. Brebes). Jalur terpopuler adalah via Bambangan. Melalui jalur tersebut kita bisa menemukan warung-warung kecil sekaligus shelter yang dibuat oleh warga sekitar. Warung-warung tersebut berada di tiap-tiap pos pendakian.

Pendakian Gunung Slamet bisa memakan waktu 8-12 jam hingga puncak. Umumnya total pendakian mencapai 1-2 hari.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Gunung Slamet bernama “Surono”, dan terdapat kawah cekung yang sangat besar yang disebut “Segara Wedi” atau “Lautan pasir”. Pendakian mencapai Puncak Surono, kita harus berjalan menanjak sejauh 200 meter lebih pada trek pasir yang sangat curam. Trek ini bisa disejajarkan dengan trek menuju Puncak Merapi dan juga trek Puncak Semeru. Berada di Puncak Slamet kita bisa melihat gunung-gunung yang ada di barat maupun timur: Gunung Ceremai, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dll.

Nama lain : Gunung Agung, Slamat
Elevasi : 3.428 mdpl
Lokasi : Jawa Tengah
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Jawa Tengah
Keistimewaan :
• Gunung tertinggi di Jawa Tengah
• Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa
• Gunung yang berada di lima wilayah kabupaten
Jalur pendakian : Jalur Bambangan, Jalur Baturaden, Jalur Dhipajaya, Jalur Guci, Jalur Dukuhliwung, Jalur Kaliwadas, dan Jalur Kaligua
Tempat Ikonik :
Puncak : Surono
Lama pendakian : 8-12 jam
Koordinat : 7°14’22.2″S 109°13’10.0″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Sindoro & Gunung Sumbing 

Maps

  • 95%
    - 95%
  • 94%
    - 94%
  • 95%
    - 95%
  • 95%
    - 95%
94.8%
Sending
User Review
0 (0 votes)