GUNUNG SINGGALANG (2.877 MDPL)

Gambar Gunung Singgalang Sumatera Barat
c: @ianpiliang

GUNUNG SINGGALANG (2.877 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Barat

Gunung Singgalang merupakan gunung api yang tidak aktif dan bertipe B. Gunung ini terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Gunung Singgalang memiliki ketinggian 2.877 mdpl. Terbilang cukup tinggi untuk pendakian.

Gunung Singgalang juga dikenal dengan mitos 7 Manusia Harimau. Konon di wilayah Gunung Singgalang inilah 7 orang pendekar mendalami ilmu beladiri, sehingga kemudian dijuluki 7 Manusia Harimau. Namun beberapa versi di wilayah lain Sumatera juga memiliki mitos yang sama.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Singgalang yang paling populer adalah Jalur Pandai Sikek yang terletak di Desa Tanjung, Kota Baru, Kabupaten Agam. Jalur ini memiliki trek yang mudah, karena sepanjang jalur pendakian dari titik start hingga Puncak Telaga terdapat tower stasiun televisi RCTI yang saling bersambung-sambung.

Jalur lain adalah Jalur Balingka yang terletak di Desa Salimparik. Jalur ini lebih landai namun jaraknya lebih jauh dari jalur pertama.

buku 199 gunung

Pendakian Gunung Singgalang terdapat banyak sumber air. Jika dari kejauhan, Gunung Singgalang terlihat sangat hijau. Hal tersebut dikarenakan kerapatan vegetasi yang tinggi. Pohon yang besar dan tinggi yang saling berdekatan.

Pendakian Singgalang memiliki trek yang unik, karena di awal adalah trek terjal dan ekstrim, sedangkan saat menuju puncak, trek justru landai.

PUNCAK
Puncak Singgalang memiliki dua telaga. Telaga terbesar dinamakan “Telaga Dewi”. Telaga ini adalah telaga tertinggi di Sumatera Barat, yakni berada di ketinggian 2.762 mdpl. Luas telaga ini sekitar 1 hektar.

Telaga Dewi memiliki air yang jernih dan bisa diminum. Selain itu para pendaki bisa mendirikan tenda di dekatnya. Sedangkan puncak tertinggi Gunung Singgalang berada hanya beberapa meter dari telaga tersebut.

Puncak tertinggi Singgalang ditandai oleh sebuah Tower RCTI. Ada tugu peringatan yang dinamakan “galapagos”, yakni untuk memeringati hilangnya siswa SMA pecinta alam di Gunung Singgalang.

Nama lain : Singgalang
Elevasi : 2.877 mdpl
Lokasi : Sumatera Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Agam
Keistimewaan : Telaga tertinggi di Sumatera Barat
Jalur pendakian : Jalur Pandai Sikek
Tempat Ikonik : Telaga Dewi
Puncak : Puncak Telaga
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 0°23’24.0″S 100°19’51.0″E
Level pendakian : Sedang

Baca Juga : Gunung Talamau & Gunung Tandikat

Maps

  • 74%
    - 74%
  • 76%
    - 76%
  • 77%
    - 77%
75.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)