GUNUNG SIBUATAN (2.457 MDPL)

Puncak Gunung Sibuatan Sumatera Utara
c:@rezahardiansyah09

GUNUNG SIBUATAN (2.457 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Utara

Gunung Sibuatan merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara, yakni dengan ketinggian 2.457 mdpl. Ketinggiannya tidak jauh beda dengan Gunung Sinabung, hanya saja Gunung Sinabung yang kembali meletus sejak 2013 menyebabkan terjadinya penurunan elevasi.

Gunung Sibuatan terletak di Kabupaten Karo. Kabupaten Karo, atau sering disebut juga Tana Karo adalah wilayah di Sumatera Utara yang banyak memiliki gunung api. Salah satunya adalah Gunung Sibuatan. Gunung Sibuatan letaknya tidak jauh dengan Gunung Sinabung.

PENDAKIAN
Jalur pendakiang Gunung Sibuatan terletak di Gesa Nagalingga, Kecamaran Merek, Kabupaten Karo. Pendakian gunung ini awalnya kurang begitu populer ketimbang Gunung Sinabung. Namun sejak 2013 Gunung Sinabung kembali erupsi hingga 2017, sejak saat itulah Gunung Sibuatan mulai ramai untuk pendakian.

Lokasi Basecamp Sibuatan berada di satu jalur dengan lokasi wisata air terjun Sipiso-Piso yang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Sumatera Utara. Meski demikian, untuk menuju basecamp pendakian terbilang agak sulit karena minimnya tanda jalan menuju basecamp. Selain itu lokasi basecamp tidak dekat dengan jalan utama.

buku 199 gunung

Trek awal pendakian adalah kawasan perkebunan, lalu ada hutan dengan pepohonan besar. Treking Gunung Sibuatan terkenal dengan trek lumpurnya. Jjalur pendakian banyak berisi pohon dengan akar yang keluar dan tanah gembur berair sehingga sewaktu-waktu pendaki bisa terjeblos ke dalam tanah (lumpur). Kondisi trek yang demikian mengharuskan pendaki untuk melakukan pendakian di pagi atau siang hari. Malam hari sangat tidak disarankan untuk pendakian.

PUNCAK
Puncak Gunung Sibuatan terbagi dua yakni puncak barat dan puncak timur. Puncak di sisi barat adalah puncak tertinggi, sedangkan di sisi timur adalah yang lebih rendah. Terdapat tempat camp di bawah puncak-puncak Sibuaten tersebut. Tempat camp tersebut kadang juga dianggap sebagai salah puncak Sibuaten juga.

Puncak Sibuatan memiliki tugu penanda puncak. Pemandangan yang terlihat dari puncak Sibuaten adalah pemandangan Danau Toba, Gunung Sinabung, dan Bukit Sipiso-Piso.

Nama lain : Sibuaten
Elevasi : 2.457 mdpl
Lokasi : Sumatera Utara
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Karo
Keistimewaan : Gunung tertinggi di Sumatera Utara
Jalur pendakian : Desa Nagalingga
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Sibuatan
Lama pendakian : 1 hari
Koordinat : 2°55’04.3″N 98°25’25.4″E
Level pendakian : Sedang

Baca Juga : Gunung Sibayak

Maps

  • 73%
    - 73%
  • 81%
    - 81%
  • 75%
    - 75%
76.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)