GUNUNG SAGO (2.261 MDPL)

Gambar Gunung Sago Sumatera Barat
c: @ondaymonday

GUNUNG SAGO (2.261 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Barat

Gunung Sago adalah gunung api tipe B. Jenis Gunung Api Sago adalah gunung api kaldera, karena bentuk puncaknya berupa kaldera yang cukup besar yakni dengan luas 1,5 km.

Gunung Sago memiliki ketinggian 2.261 mdpl. Gunung ini secara administratif terletak di wilayah Kecamatan Lareg Sago Halaban, Kecamatan Luhak, Kecamatan Situjuh Lima Nagari , Kabupaten Lima Puluh Kota.

Meskipun merupakan gunung api, namun kondisinya tidak aktif. Letusan terakhir Gunung Sago yakni sekitar tahun 1600. Namun demikian, masyarakat harus tetap tanggap dan waspada karena sifat gunung yang tidak bisa diprediksi. Beberapa gunung di Sumatera memang banyak yang berstatus tidak aktif dalam waktu yang sudah sangat lama, namun dalam kurun waktu 20 tahun terakhir beberapa di antaranya tiba-tiba kembali meletus.

Daerah Lima Puluh Kota terkenal dengan spot alamnya yakni Mata Air Batang Tabih. Mata air ini berasal dari Gunung Sago. Selain itu ada juga tradisi yang melegenda yang hanya dilakukan satu tahun sekali yakni saat Hari Raya Idul Fitri, tradisi itu bernama Bakajang. Acara Bakajang dilakukan di kaki Gunung Sago.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Sago antara lain: Jalur Nagari Situjuh, dan Jalur Nagari Sibaladuang. Namun pendakian Gunung Sago terbilang masih jarang. Hal ini dikarenakan wisatawan lokal cenderung memilih wisata alam yang mudah dikunjungi seperti air terjun atau sumber mata air ketimbang pendakian ke puncak gunung.

Ketinggian yang hanya berkisar 2.000 mdpl tentu terasa tidak begitu berat. Trek pendakian di awal adalah jalur landai, dan kemudian jalur yang menanjak. Selain itu sudah tersedia papan penunjuk jalur sehingga pendakian akan lebih mudah.

PUNCAK
Puncak Gunung Sago berupa kaldera yang membentuk dalau seluas 1,5 km. Danau kaldera tersebut dinamakan Danau Tingga.

Nama lain : Gunung Shago, Malintang
Elevasi : 2.261 mdpl
Lokasi : Sumatera Barat
Jenis : Kaldera Volcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Lima Puluh Kota
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur Nagari Situjuh, dan Jalur Nagari Sibaladuang
Tempat Ikonik : Mata Air Batang Tabih, Danau Tingga
Puncak : Danau Kaldera
Lama pendakian : 5-7 jam
Koordinat : 0°19’27.5″S 100°40’22.4″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung Tandikat & Gunung Singgalang

Maps

  • 74%
    - 74%
  • 75%
    - 75%
  • 84%
    - 84%
77.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)