GUNUNG PUNTANG (2.223 MDPL)

Gambar Gunung Puntang
c: @yanmahdi_m

GUNUNG PUNTANG (2.223 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Puntang satu atap dengan Gunung Malabar. Gunung Puntang sendiri memiliki ketinggian 2.223 mdpl, sedangkan Gunung Malabar memiliki ketinggian 2.343 mdpl. Gunung Puntang juga masuk dalam kawasan Pegunungan Malabar. Suatu keistimewaan bagi Gunung Puntang adalah adanya camping ground (di ketinggian 1.300 mdpl) yang cukup terkenal di kalangan pendaki. Oleh sebab itu tak jarang Gunung Puntang juga disebut sebagai “Bumi Perkemahan Gunung Puntang”. Selain itu juga sudah tersedia fasilitas pendukung seperti parkir yang luas, warung, dan juga penginapan di lereng gunung.

PENDAKIAN
Pendakiang Gunung Puntang bisa melalui Jalur Desa Puntang di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Berada kaki gunung, terkenal sebuah bangunan bersejarah yakni stasiun radio milik Belanda.

PUNCAK
Puncak Gunung Puntang dikatakan sama dengan puncak Gunung Malabar, yakni bernama Puncak Mega. Lama pendakian juga hanya memerlukan 3-4 jam saja.

Beberapa spot unik lain juga terdapat di Gunung Puntang. Ada Gua Belanda, ada Curug Siliwangi dan juga ada sebuah kolam yang berbentuk hati dinamakan “Kolam Cinta”.

buku 199 gunung

Nama lain : Puncak Puntang
Elevasi : 2.223 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Volcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Bandung
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Puntang
Tempat Ikonik : Bumi Perkemahan Gunung Puntang
Puncak : Puncak Mega, Puncak Puntang
Lama pendakian : 3-4 jam
Koordinat : 7°07’13.1″S 107°37’15.1″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Burangrang & Gunung Haruman

Maps

  • 75%
    - 75%
  • 78%
    - 78%
  • 79%
    - 79%
77.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)