GUNUNG PULOSARI (1.778 MDPL)

Kawah Gunung Pulosari Banten
c: @putriayust

GUNUNG PULOSARI (1.778 MDPL)
Di Provinsi Banten

Gunung Pulosari terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung ini berjenis stratovolcano tipe B dan memiliki ketinggian 1.346 mdpl. Menurut catatan sejarah, Gunung Pulosari adalah tempat sebuah kerajaan kuno yang menguasai wilayah pada masa itu yakni Kerajaan Sunda. Kerajaan Sunda pernah berjaya pada tahun 932 – 1030 M. Hal itu dibuktikan dengan ditemukannya arca yang disebut Arca Caringin di dekat Kawah Pulosari. Saat ini arca tersebut berada di Musium Nasional Indonesia.

Gunung Pulosari memiliki mitos dan legenda yang sama dengan Gunung Karang. Kedua gunung tersebut memang terdapat dalam satu kawasan.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Pulosari tersedia melalui Kampung Mandalawangi atau Desa Cilentung, Pandeglang. Meskipun elevasinya tidak tinggi, namun pendakian Gunung Pulosari terbilang cukup menguras tenaga karena treknya yang banyak menanjak.

PUNCAK
Gunung Pulosari terkenal dengan puncaknya. Puncaknya adalah sebuah kawah mati seluas 300 meter yang telah ditumbuhi tanaman dan pepohonan pendek. Puncak Gunung Pulosari disebut “Kawah Ratu”. Berada di puncak kawah kita bisa melihat pemandangan Kota Pandeglang. Pendakian Gunung Pulosari memakan waktu 4-6 jam. Saat turun kita bisa menjumpai Curug Putri yang cukup terkenal di kawasan Gunung Pulosari.

buku 199 gunung

Nama lain : Pulo Sari
Elevasi : 1.346 mdpl
Lokasi : Banten
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Pandeglang
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Kampung Mandalawangi atau Desa Cilentung
Tempat Ikonik : Kawah Ratu
Puncak : Kawah Ratu
Lama pendakian : 4-6 jam
Koordinat : 6°20’29.8″S 105°58’41.6″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung Karang & Gunung Endut

Maps

  • 72%
    - 72%
  • 78%
    - 78%
  • 82%
    - 82%
77.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)