GUNUNG PESAGI (2.389 MDPL)

Gambar Gunung Pesagi Lampung
c: @lambargeh

GUNUNG PESAGI (2.389 MDPL)
Di Provinsi Lampung

Gunung Pesagi memiliki ketinggian 2.389 mdpl sekaligus menjadi yang tertinggi di Provinsi Lampung. Gunung Pesagi tergolong sebagai gunung api yang memiliki catatan aktif.

Secara admnistratif, gunung ini terletak di Liwa, Kabupaten Lampung Barat. Berdasarkan mitos yang dipercaya masyarakat lokal, Gunung Pesagi di lerengnya dahulu berdiri Kerajaan Sekala Brak yang merupakan cikal bakal Suku Lampung. Nama “Lampung” sendiri memiliki arti “Anak Lambung” atau dalam bahasa lokal diartikan “anak yang berasal dari ketinggian”.

Selain itu, beberapa mitos lain juga menghiasi kisah Gunung Pesagi, yaitu adanya tangga menuju langit di Puncak Pesagi, serta adanya tujuh sumur keramat yang tak terlihat.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Pesagi tersedia melalui Jalur Desa Bahway, Jalur Dusun Ramuan, serta Jalur Desa Hujung Simpang Luas. Jalur Desa Bahway adalah yang paling populer dan dipilih sebagai jalur utama pendakian. Jalur ini dikenal sebagai “Jalur patah hati”, orang-orang menyebut demikian karena treknya yang membuat para pendaki seperti patah hati.

buku 199 gunung

Terdapat juga lokasi bernama “Batu Masjid” yaitu batu-batu yang terletak berjajar seperti shaf dalam masjid. Ada juga Jalur Penyambung, yakni jalur berupa tatanan batu bertingkat yang merekat dalam tanah dan membentuk seperti tebing.

PUNCAK
Puncak Gunung Pesagi ditandai oleh tugu yang sudah ada sejak jaman penjajahan. Berada di puncak Gunung Pesagi, akan terlihat pemandangan Lampung Barat, Danau Ranau, dan juga sebagian OKU Selatan. Pendakian gunung Pesagi umumnya selesai dalam sehari.

Nama lain : Gunung Persegi, Tangga Langit
Elevasi : 2.389 mdpl
Lokasi : Lampung
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Lampung Barat
Keistimewaan : Gunung tertinggi di Provinsi Lampung
Jalur pendakian : Desa Bahway, Dusun Ramuan, dan Desa Hujung Simpang Luas
Tempat Ikonik : Batu Masjid
Puncak : Puncak Pesagi
Lama pendakian : 6-8 jam
Koordinat : 4°56’14.6″S 104°08’42.6″E
Level pendakian : Sedang

Baca Juga : Gunung Pesawaran (Ratai) & Gunung Tanggamus

Maps

  • 71%
    - 71%
  • 77%
    - 77%
  • 75%
    - 75%
74.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)