GUNUNG PERKISON (2.828 MDPL)

Gambar Gunung Perkison Aceh

GUNUNG PERKISON (2.828 MDPL)
Di Provinsi Aceh

Gunung Perkison adalah gunung tidak berapi (non-volcano). Gunung ini terletak di perbatasan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, yakni terletak di Kecamatan Badan (Aceh) dan Kecamatan Batang Serangan (Sumut). Gunung ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, namun letaknya berjauhan dengan Gunung Leuser. Posisi gunung ini menjauh di sisi Selatan.

Gunung Perkison berketinggian sekitar 2.828 mdpl, yang bisa dibilang cukup tinggi untuk pendakian. Namun gunung ini masih sangat jarang untuk pendakian. Hal ini dikarenakan di wilayah tersebut memang kurang populer untuk pendakian, ditambah lagi kondisi gunung yang sangat rapat akan vegetasi hutan.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Perkison terletak di Desa Lawe Harum. Treking untuk mendaki masih berupa hutan liar dan hutan lumut.

Pernah terjadi kasus beberapa pendaki gunung dari warga setempat atau lebih tepatnya pencari kayu alim (Kayu Gaharu: mengandung resin yang digunakan sebagai bahan parfum) hilang karena tersesat. Beberapa di antara mereka ditemukan selamat dan lainnya yang waktu itu belum ditemukan akhirnya ditemukan meninggal.

PUNCAK
Puncak Gunung Perkison masih ditumbuhi tumbuhan (pohon) lebat. Kita akan disuguhi pemandangan Sungai Alas dan pemandangan Kota Kutacane saat berada di puncak Gunung Perkison .

buku 199 gunung

Nama lain : Phokisen, Pungongesong
Elevasi : 3.030 mdpl
Lokasi : Aceh
Jenis : Non-volcano
Pengelola : TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser)
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Lawe Harum
Puncak : Puncak Perkison
Lama pendakian : ?
Tempat Ikonik :
Koordinat : 3°37’20.7″N 97°51’26.5″E
Level pendakian : Sulit

Baca Juga : Gunung Bandahara & Gunung Abong-Abong

Maps

  • 73%
    - 73%
  • 76%
    - 76%
  • 72%
    - 72%
73.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)