GUNUNG PATUHA (2.434 MDPL)

Kawah Gunung Patuha
c: @natgeoindonesia

GUNUNG PATUHA (2.434 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Patuha adalah gunung api stratovolcano tipe B yang terletak di Kabupaten Bandung. Nama “Patuha” berasal dari kata “Pak Tua”. Hal ini memberikan pengertian bahwa Gunung Patuha berumur sudah sangat tua. Konon gunung ini sudah ada sejak zaman pra sejarah. Gunung Patuha memiliki ketinggian 2.434 mdpl.

Gunung Patuha termasuk jenis gunung wisata karena akses untuk ke puncak yang mudah dan jelas, serta banyak terdapat spot-spot wisata alam di kawasan Gunung Patuha ini.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Patuha bisa melalui Jalur Cipanganten, Jalur Panceuling, dan Jalur Kawah Putih. Karena merupakan kawasan wisata, maka untuk mendaki gunung ini tidaklah sulit. Jika melalui jalur khusus untuk trekking maka hanya dibutuhkan rata-rata 3-4 jam saja untuk mencapai puncak. Lereng Gunung Patuha adalah perkebunan teh, kemudian lebih ke atas sedikit adalah kawasan hutan.

PUNCAK
Puncak Gunung Patuha berupa kawah yang bernama Kawah Putih dan Kawah Saat. Kawah Putih adalah danau kawah yang airnya berwarna putih, sedangkan Kawah Saat adalah kawah kering (saat=kering). Kawah Putih adalah spot ikonik dari Gunung Patuha. Kawah Putih kadang memiliki warna hijau, biru, abu-abu, cokelat susu, dan juga putih. Di Puncak Patuha juga terdapat makam para leluhur wilayah setempat.

buku 199 gunung

Kawah Putih Patuha juga kental dengan mitos yang mengatakan bahwa tidak ada burung yang berani melintas di atas kawah tersebut. Jika ada yang terbang di atas kawah maka akan jatuh mati. Hal ini diakibatkan oleh tingkat belerang yang tinggi.

Nama lain : Kawah Patuha
Elevasi : 2.434 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Bandung
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur Cipanganten, Jalur Panceuling, dan Jalur Kawah Putih
Tempat Ikonik : Kawah Putih dan Kawah Saat
Puncak : Kawah Saat
Lama pendakian : 3-4 jam
Koordinat : 7°09’41.8″S 107°23’58.1″E
Level pendakian : wisata

Baca Juga : Gunung Papandayan & Gunung Parang

Maps

  • 78%
    - 78%
  • 75%
    - 75%
  • 73%
    - 73%
75.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)