GUNUNG MUTIS (2.427 MDPL)

Gambar Padang Savana Gunung Mutis
c: @nyongbetty

GUNUNG MUTIS (2.427 MDPL)
Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Gunung Mutis adalah gunung tertinggi di Pulau Timor sekaligus juga tertinggi di Provinsi NTT yakni dengan ketinggian 2.427 mdpl. Gunung Mutis adalah non-volcano yang terletak di Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Gunung ini terkenal dengan batu marmernya atau yang sering disebut “Faut Kanaf”. Kawasan hutan Gunung Mutis sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Flora dan fauna yang ada adalah khas wilayah Timor, misalnya saja Rusa Timor, Kuskus Timor, biawak, dan sanca.

Kawasan Gunung Mutis berupa bukit-bukit dengan puncak tertinggi di 2.427 mdpl. Tidak jauh dari kawasan Mutis, berdiri Gunung Fatu Timau. Keduanya berada pada satu kawasan serupa, oleh sebab itu kadang orang menyebut kedua gunung tersebut dengan nama Gunung Mutis-Timau.

Gunung Mutis menjadi sumber bagi Sungai Noel Mina dan Noel Benain yang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan di kawasan tersebut. Kawasan Mutis juga merupakan area dengan curah hujan tertinggi di Timor, oleh sebab itu tempat ini selalu basah dan menjadi sumber bagi daerah aliran sungai di sekitarnya.

Berada pada salah satu trek pendakian Gunung Mutis terdapat spot berupa kawasan Hutan Bonsai, dan juga kawasan Pohon Kayu Putih (untuk membuat minyak kayu putih). Selain itu kita juga bisa melihat kawanan sapi dan kuda liar di sana. Kelengkapan hayati tersebut menjadikan pendakian di Gunung Mutis layaknya sedang jalan-jalan di Eropa.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Mutis tersedia melalui Desa Fatumnasi (bagian selatan), Desa Donleu (bagian timur), Wilayah Timur Tengah Utara (bagian utara), dan juga Lopo Mutis. Jalur-jalur yang populer adalah Desa Fatumnasi dan juga Lopo Mutis.

Pendakian dari Lopo Mutis hanya membuatuhkan 6 jam untuk sampai pada puncak tertinggi. Lopo Mutis adalah desa dengan penduduk yang masih tradisional. Rumah para penduduk bernama “Ume Kebubu”. Perjalanan awal kita akan menuju sebuah padang savana yang sangat indah yang bernama “Lelofui”. Di lokasi tersebut terdapat makam orang Belanda. Selanjutnya adalah perjalanan menuju puncak yang memakan waktu 3 jam.

PUNCAK
Terdapat dua puncak di Gunung Mutis. Puncak 2 adalah puncak yang akan dilalui dahulu. Terdapat sebuah batu penanda di sana. Kemudian berlanjut ke Puncak 1 sebagai puncak tertinggi Gunung Mutis. Terdapat tugu bertuliskan “Duta Teknik” sebagai penanda puncak tertinggi. Kawasan Puncak Mutis masih lebat akan pepohonan sehingga pemandangan ke luar sangat terbatas.

Nama lain : Moetis
Elevasi : 2.427 mdpl
Lokasi : Nusa Tenggara Timur
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Timor Tengah Selatan
Keistimewaan :
• Gunung tertinggi di Pulau Timor
• Gunung tertinggi di NTT
Jalur pendakian : Desa Fatumnasi, Desa Donleu, Wilayah Timur Tengah Utara, dan Lopo Mutis
Tempat Ikonik : Lelofui
Puncak : Puncak 1, Puncak 2
Lama pendakian : 6 jam
Koordinat : 9°37’51.5″S 124°13’18.0″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Fatu Timau & Gunung Lakaan

Maps

  • 84%
    - 84%
  • 85%
    - 85%
  • 88%
    - 88%
85.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)