GUNUNG MARAS (669 MDPL)

Gambar Gunung Maras Bangka
c: @viararka

GUNUNG MARAS (669 MDPL)
Di Provinsi Bangka Belitung

Satu-satunya gunung dan merupakan yang tertinggi di Pulau Bangka adalah Gunung Maras yang memiliki ketinggian 699 mdpl. Bagi penduduk lokal biasanya menyebutnya Bukit Maras.

Provinsi Bangka Belitung (Babel) terdiri dari dua pulau utama yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Gunung Maras sendiri terletak di Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

Gunung ini memang tidak populer dengan pendakian karena memang masih berupa hutan lebat dan ketinggian rendah. Namun bagi penduduk lokal, beberapa menganggap mendaki Gunung Maras adalah pencapaian tersendiri mengingat gunung tersebut adalah yang tertinggi di Pulau Bangka.

Gunung Maras memiliki mitos tentang seekor naga penghuninya, buluh perindu (alunan suara bambu yang dapat membuai orang yang mendengarnya), hewan buas bernama “Cindai”, dan Atok Putih (kakek berpenampilan putih). Beberapa yang paling terkenal adalah Legenda Naga di Gunung Maras. Konon dahulu seorang pemuda pencari kayu yang membawa tombak sedang berteduh di dalam gua karena pada saat itu hujan. Ia pun menancapkan tombaknya kemudian beristirahat. Ia melihat darah menetes di tombaknya, ia pun pergi meninggalkan gua karena merasa takut. Tak disangka gua itu adalah mulut seekor naga raksasa.

buku 199 gunung

Mitos lain yang juga berdedar yakni tidak ada harimau yang berani tinggal di Gunung Maras. Hal tersebut dijelaskan karena terdapat Kayu Tas (pohon jeruk) yang konon ditakuti harimau di sana.

PENDAKIAN
Gunung Maras adalah deretan bukit yang mencakup Bukit Nangka, Bukit Terang, Bukit Tambun, Bukit Tulang, Bukit Perayun, Bukit Betinak (Maras), dan Bukit Buik. Maras adalah yang tertinggi.
Perjalanan untuk menuju puncak, kita akan melewati Jembatan Belanda yang bernama “Jembatan Perimping”. Jembatan ini dibangun pada tahun 1929 pada masa kolonial Belanda. Pendakian hingga puncak memerlukan waktu 4 jam.

Nama lain : Bukit Maras
Elevasi : 699 mdpl
Lokasi : Bangka Belitung
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Bangka
Keistimewaan : Gunung tertinggi di Pulau Bangka
Jalur pendakian : Riau Silip
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Maras
Lama pendakian : 4 jam
Koordinat : 1°51’52.7″S 105°50’56.0″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung di Belitung “Gunung Tajam

Maps

  • 74%
    - 74%
  • 75%
    - 75%
  • 83%
    - 83%
77.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)