GUNUNG MARAPI (2.891 MDPL)

Gambar Puncak Gunung Marapi Sumatera Barat
c: @joko_pri15

GUNUNG MARAPI (2.891 MDPL)
Di Provinsi Sumatera Barat

Gunung Marapi terletak di perbatasan Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.891 mdpl dan merupakan jenis gunung stratovolcano aktif. Gunung Marapi merupakan gunung yang cukup populer untuk pendakian. Tak sedikit pendaki dari mancanegara yang mendaki gunung ini.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Marapi bisa dibilang tidak sulit. Gunung ini merupakan gunung wisata. Terdapat fasilitas yang memenuhi dan trek pendakian yang relatif mudah.

PUNCAK
Puncak Marapi ada tiga: Tugu Abel, Puncak Merpati, dan Puncak Garuda. Puncak Marapi memiliki kawah yang cukup luas dan konturnya datar seperti lapangan bola. Kawah-kawah di Puncak Marapi antara lain: Kawah Verbeck, Kawah Tuo, dua Kawah Sumur (kawah kembar). Dua kawah sumur adalah yang paling unik, karena kawah tersebut berbentuk seperti sumur dan letaknya berjajar seperti kembar. Kita dapat melihat pemandangan Gunung Singgalang dari puncak Marapi.

Terdapat sebuah batu peringatan sebagai penghormatan kepada seorang pendaki yang tewas di Puncak Marapi. Batu tersebut dinamakan Tugu Abel Tasmen. Abel Tasmen adalah pendaki Marapi yang tewas pada 5 juli 1992. Berdasarkan kisah dari teman sependakian Abel Tasmen yang juga saksi hidup tragedi tersebut, Wing Hing Ing, menuturkan bahwa pada waktu itu mereka sedang melakukan pendakian ramai-ramai sekitar 10 orang lebih yang terdiri dari pendaki lokal dan mancanegara. Namun saat hendak turun dari Puncak Marapi, tiba-tiba terdengar letusan keras. Gunung Marapi meletus, menyemburkan asap tebal dan batu kerikil panas berukuran besar dan kecil. Nahas, kali itu adalah waktu terakhir Abel Tasmen berada di dunia. Ia terkena batu panas seukuran bola kaki tepat mengenai kepalanya, dan ia-pun tewas seketika.

buku 199 gunung

Nama lain : Marapi
Elevasi : 2.891 mdpl
Lokasi : Sumatera Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Agam
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Jalur wisata Marapi
Puncak : Tugu Abel, Puncak Merpati, dan Puncak Garuda
Lama pendakian : 4-5 jam
Tempat Ikonik : Kawah-kawah Marapi
Koordinat : 0°23’28.5″S 100°27’25.6″E
Level pendakian : Mudah

Baca Juga : Gunung Talamau & Gunung Sago

Maps

  • 84%
    - 84%
  • 82%
    - 82%
  • 89%
    - 89%
85%
Sending
User Review
0 (0 votes)