GUNUNG LEUSER (3.466 MDPL)

Gambar Puncak Gunung Leuser Aceh
c: @muhammadxianhan

GUNUNG LEUSER (3.466 MDPL)
Di Provinsi Aceh

Gunung Leuser adalah gunung yang terletak di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Gunung ini memiliki ketinggian 3.466 mdpl, dengan ketinggian itu, maka Gunung Leuser masuk dalam kategori gunung dengan jenis elevasi sangat tinggi. Gunung Leuser masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Penggunaan nama Leuser sebagai taman nasional dikarenakan kontribusi Gunung Leuser yang vital. Adanya gunung berketinggian 3.000 mdpl lebih tersebut menghadirkan sistem lingkungan yang di dalamnya dihuni berbagai macam makhluk hidup. Gunung Leuser menjadi support system utama bagi kehidupan di sekelilingnya.

Selain sebagai support system utama, Gunung Leuser juga memiliki keistimewaan lain, yakni menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Sumatera setelah Gunung Kerinci. Kemudian juga menjadi gunung dengan trek pendakian terpanjang di Indonesia bahkan juga se-Asia Tenggara.

Gunung Leuser yang ketinggiannya 3.466 mdpl, hanya berbeda beberapa ratus mdpl dengan Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.808 mdpl. Namun jika dilihat dari kesulitan pendakiannya, maka Gunung Leuser bisa dikatakan lebih sulit daripada Gunung Kerinci. Bagi sebagian pendaki gunung di Indonesia, mendaki gunung dengan elevasi di atas 3.000 mdpl adalah suatu pencapaian yang membanggakan. Karena semakin tinggi gunung yang didaki, maka semakin sulit untuk mencapai puncaknya, dan semakin besar pula usaha yang harus dilakukan si pendaki tersebut.

Gunung Leuser dikatakan sebagai gunung yang memiliki trek pendakian terpanjang se-Asia Tenggara bukanlah tanpa sebab. Sebab utamanya adalah Gunung Leuser merupakan aset kawasan konservasi, dan tidak boleh ada pemukiman penduduk sipil di sekitarnya. Jarak dari titik start pendakian hingga Puncak Leuser yakni sekitar 50 km. Dengan jarak sejauh itu sudah jelas menjadi pendakian terpanjang di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Berbeda dengan beberapa gunung lain di Indonesia yang juga masuk dalam kawasan konservasi. Kebanyakan dari gunung-gunung tersebut trek pendakiannya tidak begitu panjang karena memang posisi gunung bukan dikelilingi oleh hutan yang luas. Sedangkan Gunung Leuser adalah gunung dengan kawasan konservasi seluas 1.094.692 hektar.

buku 199 gunung

Berbagai macam makhluk hidup menghuni kawasan di kaki Gunung Leuser, di antaranya adalah satwa yang dilindungi, yakni Orangutan, Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Beruang Madu, dan masih banyak lagi lainnya.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Leuser memiliki kesulitan tertentu dibandingkan gunung lain, yakni treknya yang sangat panjang karena harus menyusuri hutan terlebih dahulu. Selain itu tentunya dibutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa sampai pada puncak Leuser itu sendiri. Rata-rata ketinggian dari start pendakian di kaki Leuser adalah di 1.200 mdpl.

Leuser memiliki 3 Jalur Pendakian: Jalur Kedah, Jalur Agusan dan Jalur Meukek. Masing-masing jalur pendakian memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan berbeda. Jalur Kedah adalah jalur pendakian yang paling direkomendasikan karena merupakan jalur resmi via TNGP. Sedangkan Jalur Agusan dan Meukek adalah jalur yang lebih sulit.

PUNCAK
Gunung Leuser memiliki tiga puncak yakni, Puncak Tanpa Nama (3.466 mdpl), Puncak Loser (3.404 mdpl), dan Puncak Louser (3.119 mdpl). Puncak tertinggi adalah Puncak Tanpa Nama, nama “Tanpa Nama” dikarenakan sejak masa kolonial memang tidak diberi nama. Sedangkan nama Loser atau Louser berdasarkan Bahasa Gayo (Suku Gayo) artinya adalah tempat dimana hewan mati. Hal ini terkait dengan banyaknya satwa yang hidup dan mati di kawasan gunung ini.

Nama lain : Tanpa Nama, Loser, Louser
Elevasi : 3.466 mdpl
Lokasi : Aceh
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser)
Keistimewaan :
• Trek jalur pendakian terpanjang di Indonesia (dan Asia Tenggara),
• Gunung tertinggi kedua di pulau Sumatera,
• Penyokong utama kehidupan di Taman Nasional Gunung Leuser
Jalur pendakian : Kedah, Agusan, dan Meukek
Puncak : Puncak Tanpa Nama, Puncak Loser, dan Puncak Louser
Lama pendakian : 7-10 hari
Tempat Ikonik :
Koordinat : 3°45’23.7″N 97°10’24.4″E
Level pendakian : Sulit

Baca Juga : Gunung Jaboi & Gunung Kemiri

Maps

  • 94%
    - 94%
  • 96%
    - 96%
  • 94%
    - 94%
  • 90%
    - 90%
  • 95%
    - 95%
93.8%
Sending
User Review
0 (0 votes)