GUNUNG LAKAAN (1.600 MDPL)

Gambar Gunung Lakaan Savana
c:@norman_rk

GUNUNG LAKAAN (1.600 MDPL)
Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Gunung Lakaan merupakan gunung keramat bagi masyarakat Suku Belu (masyarakat asli Pulau Timor bagian barat). Gunung Lakaan memiliki ketinggian 1.600 mdpl. Gunung ini teridentiikasi sebagai gunung api yang tidak aktif. Secara administratif, Gunung Lakaan masuk dalam kawasan Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, NTT.

Legenda tentang Gunung Lakaan mengisahkan bahwa dulu kala Pulau Timor masih berupa lautan lepas, kemudian muncul daratan pertama dan daratan itu adalah Puncak Lakaan. Suatu ketika turun seorang putri Dewata di Puncak Lakaan, putri Dewata tersebut bernama Laka Loro Kemesak. Kemudian ia melahirkan seorang anak. Anak tersebut lantas beranak pinak hingga menjadi sebuah suku. Berawal dari kisah itulah mengapa masyarakat suku setempat mengeramatkan Gunung Lakaan dan menjadikan gunung tersebut sebagai tempat nenek moyang mereka. Seratus meter sebelum mencapai puncak, diletakkan patung Maria sebagai simbolis bahwa Gunung Lakaan adalah tempat sakral dan menjadi tempat wisata religi bagi umat katolik.

Kaki Gunung Lakaan terdapat sebuah padang savana dengan rumput hijaunya yang membentang luas. Savana tersebut dinamakan Fulan Fehan. Berada di balik savana Fulan Fehan terdapat situs sejarah peninggalan masa kolonial yakni sebuah benteng yang dijuluki Benteng 7 Lapis Portugis. Berada di kawasan tersebut juga ada tempat yang dulunya adalah lokasi pemenggalan kepala.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Lakaan dapat dimulai dari Desa Dualasi-Raiulun. Trek pendakian berupa lahan terjal dengan vegetasi rendah. Jalur cukup jelas karena memang selain merupakan jalur pendakian umum, juga digunakan sebagai pendakian religi. Pendakian mencapai puncak Lakaan rata-rata memakan waktu 4-5 jam.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Gunung Lakaan adalah punggungan gunung. Masih ditumbuhi banyak tumbuhan, namun tidak begitu lebat. Sekelilingnya terlihat hutan-hutan yang menyelimuti Gunung Lakaan.

Nama lain :
Elevasi : 1.600 mdpl
Lokasi : Nusa Tenggara Timur
Jenis : Volcano tidak aktif
Pengelola : Pemerintah Belu
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Dualasi-Raiulun
Tempat Ikonik : Fulan Fehan, Benteng 7 Lapis Portugis
Puncak : Puncak Lakaan
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 9°06’25.1″S 125°03’39.3″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Fatu Timau & Gunung Mutis

Maps

  • 92%
    - 92%
  • 89%
    - 89%
  • 85%
    - 85%
88.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)