GUNUNG KEMIRI (3.315 MDPL)

Gambar Gunung Kemiri Aceh
c: @yudie_the_creek

GUNUNG KEMIRI (3.315 MDPL)
Di Provinsi Aceh

Nama Kemiri mirip dengan nama rempah-rempah/bumbu masakan khas Indonesia yakni kemiri. Kemiri dalam bahasa latin yakni Aleurites moluccana. Nama Gunung Kemiri sendiri memiliki maksud karena terdapat banyak tumbuhan kemiri di dalamnya.

Gunung Kemiri juga satu komplek dengan Gunung Leuser, sama-sama masuk dalam kawasan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser). Gunung Kemiri memiliki ketinggian 3.315 mdpl dan merupakan gunung tertinggi kedua di Aceh. Gunung Kemiri dan Gunung Leuser tidak jauh berbeda jika dilihat dari karakteristiknya. Keduanya berkategori gunung yang sama, yakni dipenuhi hutan, jenis fauna dan flora yang sama, serta start pendakian yang juga hampir sama.

Kaki Gunung Kemiri adalah berupa hutan lumut. Berada di bawah 2.500 mdpl adalah tumbuhan perdu, sedangkan lebih ke atas lagi yakni di 2.800 mdpl ke atas adalah vegetasi terbuka berupa padang rumput.

PENDAKIAN
Pendakian Gunung Kemiri tidak sepopuler dengan pendakian Gunung Leuser. Alasannya karena Gunung Leuser adalah gunung utama di TNGL, dan menjadikan para pendaki lebih mendahulukan untuk bisa mendaki Gunung Leuser terlebih dahulu daripada Gunung Kemiri.

buku 199 gunung

Pendakian Gunung Kemiri berbeda jalur dengan pendakian Gunung Leuser, namun masih dalam satu kawasan. Sehingga karakteristik jalur dan tingkat kesulitannya berbeda namun hampir sama. Secara garis besar keduanya sama-sama memiliki jenis pendakian yang sulit.

Jalur pendakian Gunung Kemiri berada di Desa Gumpang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues. Jalur pendakian Gunung Kemiri tidak sejauh dan selama pendakian Gunung Leuser. Trek Gunung Kemiri lebih pendek. Diperlukan 4-6 hari dalam ekspedisi Gunung Kemiri.

Jalur pendakian berupa jalan setapak, jalur trail, dan perbukitan-lembah. Berbagai macam vegetasi menghiasi di setiap perjalanan. Pendakian umumnya dilakukan di siang hari. Hal ini dikarenakan banyaknya hewan liar yang cenderung aktif di malam hari, sehingga untuk menghindari hal yang tidak dinginkan, maka pendaki akan mulai mendirikan tenda saat sore dan bersiap untuk bermalam.

Satwa liar yang sering ditemui antara lain adalah rusa hutan dan elang hitam. Masih banyak satwa liar lain yang dilindungi seperti orangutan, badak, gajah, namun keberadaannya tidak selalu terlihat di dekat jalur pendakian.

Pendakian saat mendekati puncak akan melewati wilayah batas vegetasi yang terlihat seperti lapangan luas, namun bergelombang. Spot-spot untuk mendirikan tenda juga terbilang banyak.

Gunung Kemiri sendiri masih jarang untuk pendakian. Rata-rata pendaki adalah Mapala dari Aceh dan peneliti lokal maupun mancanegara.

PUNCAK
Puncak Gunung Kemiri (3.315 mdpl) ditandai dengan pilar yang terbuat dari semen. Pemandangan dari puncak Kemiri yakni pemandangan Taman Nasional Gunung Leuser yang eksotis.

Nama lain : Gle Kemiri
Elevasi : 3.315 mdpl
Lokasi : Aceh
Jenis : Non-volcano
Pengelola : TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser)
Keistimewaan : Gunung tertinggi kedua di Aceh
Jalur pendakian : Gumpang
Puncak : Puncak Kemiri
Lama pendakian : 4-6 hari
Tempat Ikonik :
Koordinat : 3°45’44.3″N 97°29’01.7″E
Level pendakian : Sulit

Baca Juga : Gunung Seulawah Agam

Maps

  • 85%
    - 85%
  • 94%
    - 94%
  • 92%
    - 92%
  • 92%
    - 92%
90.8%
Sending
User Review
0 (0 votes)