GUNUNG KABENTONU (2.886 MDPL)

GUNUNG KABENTONU
c: jelatangnusantara.blogspot.com

GUNUNG KABENTONU (2.886 MDPL)
Di Provinsi Sulawesi Selatan

Gunung Kabentonu adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Luwu Utara dan berketinggian 2.886 mdpl. Gunung ini masuk dalam kawasan Pegunungan Karoue. Letaknya berdekatan dengan Gunung Tolangi dan Gunung Balease yang juga sama-sama masuk dalam Pegunungan Karoue. Gunung Kabentonu jarang didaki karena untuk mencapai puncaknya kita harus melewati Puncak Tolangi dan Puncak Balease terlebih dahulu. Total waktu pendakian Gunung Kabentonu adalah 10-15 hari. Terhitung sekaligus mendaki Gunung Tolangi dan Gunung Balease.

Karena untuk mencapai Puncak Kabentonu diharuskan melewati puncak Tolangi dan Balease, maka biasanya pendaki menjuluki pendakian ini dengan “Tobaku” yakni gabungan dari “Tolangi-Balease-Kabentonu”.

PENDAKIAN
Pendakian dimulai dari Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara. Ada air terjun Bantimurung di awal trek. Terdapat pula beberapa sumber air di kaki gunung. Trek selanjutnya adalah kawasan hutan rotan, kemudian kawasan hutan lumut. Lalu mencapai Puncak Tolangi (3.016 mdpl). Perjalananan dilanjutkan dengan menuruni lembah yang dinamakan Lembah Waru. Berada posisi ini terdapat sumber air. Kemudian dilanjutkan trek menanjak kawasan hutan lumut yang dinamakan “Negeri Lumut”, dan sampailah pada Puncak Balease (2.894 mdpl). Perjalanan selanjutnya untuk mencapai Puncak Kabentonu harus melewati punggungan berbukit-bukit dengan trek terjal dan jalur tertutup sehingga dibutuhkan keahlian untuk membuka dan menandai jalur. Vegetasi trek rendah dan sebagian besar adalah tumbuhan kerdil. Ujung dari trek tersebut adalah Puncak Kabentonu (2.886 mdpl). Puncak Kabentonu terdapat prasasti sebagai penanda puncak. Sulitnya medan, panjangnya trek, dan lamanya waktu pendakian adalah alasan utama para pendaki untuk tidak mendaki Gunung Kabentonu.

Bukan dari ketinggian atau pemandangan yang indah yang menjadikan poin plus pada pendakian Gunung Kabentonu, melainkan usaha keras yang dibutuhkan. Dengan segala hal tersebut, pendakian Gunung Kabentonu menjadi pendakian tersulit di Sulawesi. Sedangkan pendakian Puncak Tolangi-Balease adalah tersulit kedua.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Gunung Kabentonu berupa punggungan dan masih rimbun oleh tumbuhan kerdil. Akan sulit mencari tahu dimana Puncak Kabentonu karena masih ada beberapa punggungan lain yang mirip-mirip. Namun yang menjadi penanda adalah adalah prasasti atau susunan batu yang terdapat di Puncak Kabentonu.

Nama lain : Buyu Kabentonu
Elevasi : 2.886 mdpl
Lokasi : Sulawesi Selatan
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Luwu Utara
Keistimewaan : Pendakian tersulit di Sulawesi, Pendakian terlama di Sulawesi
Jalur pendakian : Desa Bantimurung
Tempat Ikonik : Air terjun Bantimurung, Lembah Waru, Negeri Lumut
Puncak : Puncak Kabentonu
Lama pendakian : 10-15 hari
Koordinat : 2°22’38.4″S 120°31’04.4″E
Level pendakian : sulit

Baca Juga : Gunung Tolangi-Balease

Maps

  • 77%
    - 77%
  • 78%
    - 78%
  • 84%
    - 84%
79.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)