GUNUNG KABA (1.938 MDPL)

Gunung Kaba Bukit Kaba Bengkulu
c:@pendakisue

GUNUNG KABA (1.938 MDPL)
Di Provinsi Bengkulu

Gunung Kaba atau lebih populer disebut dengan Bukit Kaba, atau dalam bahasa lokal disebut “Tebo Kaba”, adalah gunung api stratovolcano tipe B. Gunung ini adalah gunung wisata. Jika menengok ke sebelah, di Pulau Jawa terkenal gunung wisata yang bernama Gunung Bromo, maka di Sumatera bisa dikatakan juga punya Gunung Kaba.

Sebelas-duabelas dengan Bromo, Gunung Kaba juga bisa didaki dengan sangat mudah. Pendaki atau wisatawan telah dimanjakan dengan trek landai, trek tangga, dan fasilitas lain. Gunung Kaba memiliki ketinggain 1.938 mdpl.

Gunung Kaba secara administratif terletak di kawasan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Sedangkan untuk jalur masuk pendakiannya terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Curup, di Kabupaten yang sama.

Fasilitas yang sudah tersedia dalam kawasan wisata Gunung Kaba antara lain seperti penginapan, transportasi, warung, toilet, parkir yang luas, toko suvenir, guide pendakian, serta tempat penyewaan keperluan camping. Gunung Kaba sendiri dikelola oleh Taman Wisata Bukit Kaba atau yang disebut POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata). Pada hari-hari tertentu seperti hari libur nasional umumnya dipadati oleh wisatawan yang sekedar singgah ataupun pendaki yang menginap dan camping.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Terdapat dua pilihan jalur bagi pendaki atau wisatawan, yakni jalur trek dengan jalan kaki, atau jalur aspal yang bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pendakian dengan jalan kaki akan melewati kebun sayur, sungai kecil, dan masuk dalam hutan. Kemudian saat keluar dari kawasan vegetasi, kita akan menjumpai pos pemantauan Gunung Kaba. Camping ground terbilang cukup luas dan ada sumber air.

PUNCAK
Puncak Gunung Kaba berupa kawah mati yang luas. Kawah Gunung Kaba cukup luas dan bibir kawah cukup curam, oleh sebab itu para wisatawan dan pendaki dihimbau untuk berhati-hati. Pernah kejadian seorang wisatawan yang meninggal akibat terjatuh dari atas bibir kawah yang berketinggian mencapai 100 meter.

Pemandangan dari puncak kawah Gunung Kaba kita bisa melihat Kota Curup. Untuk mencapai puncak sudah terdapat tangga naik. Juga ada jalur turun menuju kawah.

LEGENDA BUKIT KABA
Seorang pemuda bermimpi bertemu bidadari yang menyuruhnya membuat sebuah seruling. Dibuatlah sebuah seruling sesuai permintaan bidadari dalam mimpinya. Pemuda tersebut memainkan serulingnya dengan sangat indah hingga membuat orang-orang lalai terbuai. Ia pun diusir dari desa karena orang-orang merasa resah.

Suatu ketika saat pemuda itu memainkan serulingnya, ada seorang bidadari yang sedang ditugasi oleh dewi untuk menjaga bayinya. Naas, karena terlena dengan permainan seruling si pemuda, bayi yang sedang diasuh si bidadari tersebut terlepas dan jatuh ke bumi. Si bidadari pun lantas melarikan diri ke bumi dan bertemulah dengan si pemuda yang memainkan seruling.

Pemuda dan si bidadari saling mencintai. Kemudian si pemuda pergi untuk menemui orang tuanya di kampung dan meminta izin untuk mengenalkan si bidadari. Ia pun pergi meninggalkan si bidadari.

Si pemuda kemudian kembali ke tempat dimana ia meninggalkan si bidadari. Ia datang bersama dengan keluarganya dan orang-orang kampung yang membawa obor. Tak disangka si bidadari telah tiada di sana. Si bidadari ternyata ketakutan dan berpikir bahwa orang-orang ramai yang membawa obor sedang marah kepadanya. Si pemuda mencari kemana-mana dan tak lagi bertemu dengan si bidadari.

Konon, kawah Bukit Kaba adalah tempat jatuhnya bayi sang Dewi. Dan dua muara di dekat kawah adalah tempat bertemunya si pemuda dan si bidadari.

Nama lain : Bukit Kaba, Tejo Kaba
Elevasi : 1.938 mdpl
Lokasi : Bengkulu
Jenis : Volcano Tipe B
Pengelola : POKDARWIS Bukit Kaba
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Taman Wisata Bukit Kaba
Tempat Ikonik : Kawah Bukit Kaba
Puncak : Tebing bibir kawah
Lama pendakian : 3-4 jam
Koordinat : 3°30’55.8″S 102°37’35.0″E
Level pendakian : Wisata

Baca Juga : Gunung Patah & Gunung Daun

Maps

  • 79%
    - 79%
  • 83%
    - 83%
  • 91%
    - 91%
84.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)