GUNUNG GUNTUR (2.249 MDPL)

Gunung Guntur
c: @jurnaldidit

GUNUNG GUNTUR (2.249 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Guntur adalah gunung stratovolcano tipe A yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Letusan terakhir gunung ini adalah di tahun 1847. Tahun 1800-an Gunung Guntur adalah gunung api paling aktif di Pulau Jawa (sebelum Krakatau). Oleh sebab itu gunung ini masih dalam pengawasan karena catatan aktivitasnya di masa lalu yang membahayakan.

Gunung Guntur memiliki ketinggan 2.249 mdpl. Puncaknya berupa savana yang cukup luas dan menjadi favorit untuk para pendaki mendirikan tenda dan bermalam sambil menikmati pemandangan seribu bintang. Di lereng gunung juga terdapat tempat wisata yakni Curug Citiis.

PENDAKIAN
Gunung Guntur menjadi ikon Kota Garut. Hal ini dipertegas dengan ramainya kunjungan wisatawan atau pendaki di akhir pekan maupun weekend. Jalur yang tersedia sebagai pendakian adalah melalui Jalur Citiis, dan Jalur Cikahuripan. Jalur Citiis adalah jalur resmi.

Kaki gunung adalah berupa hutan pinus. Jalur trek di awal adalah jalan yang cukup renggang dan terbuka, kemudian masuk kawasan hutan. Kita bisa menjumpai warung dan juga aliran sungai. Gunung Guntur dijuluki ‘miniatur Semeru’, hal ini karena dari batas vegetasi menuju Puncak Guntur sangat mirip dengan kondisi di Gunung Semeru, yakni trek berupa lautan pasir dengan kemiringan curam.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Guntur adalah berupa kaldera yang luas berpasir. Puncaknya memang sangat jarang ditumbuhi tumbuhan, hanya ada pasir membentang, hal ini menandakan memang Gunung Guntur masih menyimpan aktivitas vulkanik di dalamnya.

Puncak Gunung Guntur terbagi menjadi 7 puncak, 4 puncak adalah puncak pasir: Puncak 1 (dekat bibir kawah), Puncak 2 (GPS Guntur), Puncak 3 (Top Guntur: yang tertinggi di antara yang lain), Puncak 4. Sedangkan puncak 5 sampai 7 adalah masih berupa puncak elevasi rendah

Berada di Puncak Guntur kita bisa melihat Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, dan pemandangan Kota Garut.

Nama lain : Gunung Gede
Elevasi : 2.249 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Garut
Keistimewaan : Miniatur Semeru
Jalur pendakian : Jalur Citiis, dan Jalur Cikahuripan
Tempat Ikonik : Savana Guntur
Puncak : Puncak 1, Puncak 2/GPS Guntur, Puncak 3/Top Guntur, Puncak 4
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 7°08’43.7″S 107°50’39.7″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Ciremai & Gunung Cikuray

Maps

  • 81%
    - 81%
  • 82%
    - 82%
  • 87%
    - 87%
83.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)