GUNUNG GEUREUDONG (2.885 MDPL)

Gambar Gunung Geureudong Aceh
c: pendakigunungindonesia.wordpress.com

GUNUNG GEUREUDONG (2.885 MDPL)
Di Provinsi Aceh

Gunung Geureudong atau sering dipanggil juga Burni Geureudong, merupakan gunung berjenis stratovolcano dengan ketinggian 2.885 mdpl. Gunung ini bersebelahan dengan Gunung Burni Telong dan terletak di Kabupaten Bener Meriah.

Kawasan Gunung Geureudong pernah menjadi perbincangan saat ditemukan bebatuan yang diduga adalah peninggalan kehidupan purba yakni Situs Hunian Megalitik. Selain itu, wilayah gunung ini juga potensial untuk sumber energi. Hal tersebut masih dalam tahap penelitian.

PENDAKIAN
Pendakian dapat dilakukan melalui Desa Wih Porak atau Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Pendakian Gunung Geureudong masih jarang dilakukan, hal ini dikarenakan trek yang jauh dan sulit. Jarak basecamp dengan kampung terdekat mencapai 10 km lebih. Pendakian Geureudong sendiri memakan waktu hingga 7 hari.

Perjalanan awal pendakian akan melewati perkebunan. Selanjutnya adalah trek hutan rotan. Banyak ditemukan jejak-jejak gajah liar. Sebelum mencapai Puncak Geureudong, pendaki akan menemui padang savana yang cukup luas. Dari padang savana tersebut sudah bisa terlihat Puncak Geureudong.

buku 199 gunung

PUNCAK
Puncak Gunung Geureudong ditandai dengan sebuah pilar. Dari puncak kita bisa melihat jajaran Pegunungan Bukit Barisan. Setelah turun dari puncak, kita bisa menikmati sumber air panas di kaki gunung.

Nama lain : Burni Geureudong/ Bur Ni Geuredong
Elevasi : 2.885 mdpl
Lokasi : Aceh
Jenis : Stratovolcano Tipe B
Pengelola : Pemerintah Bener Meriah
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Wih Porak atau Desa Bukit Mulie
Puncak : Puncak Geureudong
Lama pendakian : 7 hari
Tempat Ikonik :
Koordinat : 4°48’37.9″N 96°48’57.7″E
Level pendakian : Sulit

Baca Juga : Gunung Bandahara & Gunung Halimun

Maps

  • 79%
    - 79%
  • 73%
    - 73%
  • 74%
    - 74%
75.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)