GUNUNG GEDE-PANGRANGO (3.019 MDPL)

Gambar Alun-Alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango
c:@ganazturi

GUNUNG GEDE-PANGRANGO (3.019 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Gede-Pangrango adalah dua buah gunung yang menjadi satu kesatuan sebagai Taman Nasinal Gede Pangrango (TNGP). Gunung ini menjadi kawasan konservasi pada 1980 dan menjadi taman nasional pertama dan tertua di Indonesia. Puncak Gunung Gede adalah 2.958 mdpl, sedangkan puncak Gunung Pangrango adalah 3.019 mdpl. Kedua gunung ini menjadi yang tertinggi kedua dan ketiga di Jawa Barat. Gunung Ceremai ada di posisi pertama. Gunung Gede-Pangrango sendiri terletak secara administratif di Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Gunung Gede-Pangrango merupakan gunung stratovolcano tipe A. Letusan terakhir tercatat yakni pada tahun 1957. Pada Puncak Gede adalah berupa kawah yang masih aktif dan mengeluarkan asap belerang. Sedangkan Puncak Pangrango adalah lapangan kawah mati.

Pendakian pertama gunung ini adalah pada tahun 1819 oleh seorang Peneliti Belanda yang juga nantinya menjadi Pendiri Kebun Raya Bogor, C.G.C. Reinwardt. Kemudian pada tahun 1830 kawasan sekitar Gede Pangrango dijadikan Kebun Raya Cibodas.

PENDAKIAN
Karena merupakan kawasan konservasi, pendakian akan melalui vegetasi yang beraneka ragam dan berbeda dari gunung-gunung lainnya. Pendakian Gunung Gede Pangrango tidak semudah mendaki gunung lain. Pendakian Gede-Pangrango harus melalui izin (SIMAKSI) terlebih dahulu pada jauh-jauh hari. Selain itu untuk pendakian biasanya juga ditutup untuk beberapa bulan dalam setahun demi menjaga kelestarian.

buku 199 gunung

Jalur pendakian Gunung Gede-Pangrango ada tiga yakni Jalur Cibodas, Jalur Gunung Putri, dan Jalur Selabintana. Jalur Cibodas adalah jalur resminya. Melalui jalur ini kita bisa menjumpai beberapa spot wisata yang menjadi ikonik di Gede-Pangrango di antaranya yakni Telaga Biru (sebuah telaga dengan air berwarna biru jernih akibat ganggang di dalamnya), Air Terjun Cibeureum setinggi 50 meter, Air Panas di tebing curam, dan Kandang Badak (camping ground).

Trek di kaki gunung adalah berupa trek dengan pepohonan besar dan tinggi, suhu akan terasa dingin karena kerapatan vegetasi yang ada. Gunung Gede-Pangrango memiliki banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan. Spesies burung sendiri mencapai 251 jenis.

PUNCAK
Puncak Gede (2.958 mdpl) dan Puncak Pangrango (3.019 mdpl) dihubungkan oleh sebuah jalur bernama “Kandang Badak” di ketinggian 2.400 mdpl. Puncak Gede terdapat beberapa kawah yang bernama: Kawah Ratu, Kawah Wadon, Kawah Lanang, dan Kawah Baru. Tidak jauh dari bibir kawah Gunung Gede, terdapat sebuah lembah yang luas dan sangat indah yang dinamakan “Alun-Alun Suryakencana” di ketinggian 2.750 mdpl. Sedangkan Puncak Pangrango adalah sebuah kawasan kawah mati yang membentuk sebuah lapangan yang luas dan ditumbuhi tumbuhan perdu dan edelweis, lokasi ini dinamakan “Lembah Mandalawangi”. Lembah Mandalawangi adalah lokasi favorit seorang legenda pendaki Indonesia sekaligus aktivis pada masa orde lama yang meninggal secara tragis di puncak Gunung Semeru pada tahun 1969, Soe Hok Gie.

Nama lain : Gedeh, Ageung, atau Agung
Elevasi : 3.019 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP)
Keistimewaan : Gunung tertinggi kedua dan ketiga di Jawa Barat
Jalur pendakian : Jalur Cibodas, Jalur Gunung Putri, dan Jalur Selabintana
Tempat Ikonik : Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Kandang Badak, Alun-Alun Suryakencana, Lembah Mandalawangi
Puncak : Puncak Gede, Puncak Pangrango
Lama pendakian : 1-2 hari
Koordinat : 6°47’23.2″S 106°58’58.9″E dan 6°46’10.7″S 106°57’50.6″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Tampomas & Gunung Parang

Maps Puncak Gede

Maps Puncak Pangrango

  • 91%
    - 91%
  • 96%
    - 96%
  • 97%
    - 97%
  • 95%
    - 95%
94.8%
Sending
User Review
0 (0 votes)