GUNUNG GAMKONORA (1.635 MDPL)

Gambar Puncak Kawah Gunung Gamkonora
c: @jrk_djaid

GUNUNG GAMKONORA (1.635 MDPL)
Di Provinsi Maluku Utara

Gunung Gamkonora adalah stratovolcano tipe A yang terletak di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat. Gunung api ini merupakan salah satu yang aktif di Pulau Halmahera. Sejarah mencatat pada tahun 1673 terjadi letusan hebat disertai dengan gelombang tsunami yang melanda Halmahera Barat. Tahun 2007 hingga 2011 Gunung Gamkonora tercatat adanya aktivitas vulkanik.

PENDAKIAN
Sebelum dilaksanakannya pendakian, adat setempat akan melakukan ritual terlebih dahulu yang ditujukan kepada Gunung Gamkonora dan juga pendaki. Wilayah kaki gunung adalah perkebunan kelapa, pala, dan cengkeh, serta kawasan hutan yang didominasi pohon palem. Pendakian mencapai puncak dapat selesai dalam 4-5 jam.

Jalur pendakian terletak di Desa Baru yakni sekaligus sebagai Pos Pengamatan. Sebelum mencapai puncak, terdapat lokasi yang dianggap sebagai makam nenek moyang masyarakat setempat.

PUNCAK
Puncak Gunung Gamkonora terdapat sebua kawah yang memanjang dari utara ke selatan. Jika dilihat dari jauh maka terlihat seperti sobekan, sobekan tersebut terdapat di Puncak Gunung Gamkonora. Kawah Gamkonora tersebut dinamakan Kawah A, Kawah B, Kawah C, Kawah D.

buku 199 gunung

Ada batu besar yang dikeramatkan yang terletak di bibir kawah, batu tersebut dinamakan “Jere”. Saat berada di puncak Gamkonora kita bisa melihat Gunung Ibu yang terletak di sebelah Gunung Gamkonora. Selain itu terlihat pula Gunung Dukono.

Nama lain : Gamkunora, Gammacanore
Elevasi : 1.635 mdpl
Lokasi : Halmahera Barat, Maluku Utara
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Halmahera Barat
Keistimewaan :
Jalur pendakian : Desa Baru
Tempat Ikonik : Batu Jere
Puncak : Kawah A, Kawah B, Kawah C, Kawah D
Lama pendakian : 4-5 jam
Koordinat : 1°22’37.8″N 127°32’04.4″E
Level pendakian : sedang

Baca Juga : Gunung Gamalama & Gunung Taliabu

Maps

  • 79%
    - 79%
  • 86%
    - 86%
  • 86%
    - 86%
83.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)