GUNUNG GALUNGGUNG (2.168 MDPL)

Gambar Gunung Galunggung
c: @guna.randy

GUNUNG GALUNGGUNG (2.168 MDPL)
Di Provinsi Jawa Barat

Gunung Galunggung adalah gunung wisata yang berketinggian 2.168 mdpl. Gunung ini terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat. Tasikmalaya dikenal dengan sebutan “Ten Thousands Hills” karena wilayahnya yang berbukit-bukit. Gunung Galunggung adalah gunung api stratovolcano tipe A karena masih aktif.

Tahun 1822 Gunung Galunggung meletus hebat dan menewaskan 4.011 jiwa serta menghancurkan desa-desa di dekatnya. Tahun 1918 gunung ini meletus kembali dan terbentuk kubah lava di dalam kalderanya dengan luas 560 x 440 meter dan tinggi 85 meter. Kubah lava tersebut dijuluki Gunung Jadi. Tahun 1982 Galunggung kembali menunjukkan aktivitas vulkanologi. Kali ini Galunggung mengeluarkan letusan merah dan disertai petir menyambar-nyambar. Aktivitas vulkanologi di tahun tersebut berlangsung selama 9 bulan.

Saat ini Gunung Galunggung menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Orang-orang berbondong-bondong mengunjungi kalderanya yang memiliki luas 600 meter dan tinggi 20 meter itu. Saking suksesnya pemerintah setempat menggarap Objek Wisata Galunggung tersebut, bahkan sampai bisa mendatangkan 200.000 pengunjung tiap tahunnya.

Gunung Galunggung adalah gunung wisata yang populer di Jawa Barat sama dengan beberapa gunung lain seperti Tangkuban Perahu, ataupun Telaga Bodas. Hal ini tidak terlepas dari peran masa kolonial Belanda yang menjadi perintis untuk mengubah gunung-gunung di Jawa Barat sebagai gunung wisata. Jika masih kurang puas, kita bisa mengunjungi sumber air panas Cipanas atau Curug Agung yang ada di sekitar Gunung Galunggung.

buku 199 gunung

PENDAKIAN
Telah dibuat anak tangga sebanyak 620 anak tangga guna memudahkan pengunjung untuk bisa mencapai Puncak Galunggung. Selain itu berbagai fasilitas juga telah tersedia seperti parkir luas, warung, guide, penginapan dan sebagainya. Pendakian mencapai puncak hanya dibutuhkan 20 menit saja.

Satu hal yang unik dan tidak ada di gunung-gunung manapun yakni terdapat sebuah bangunan mushola yang berdiri di dalam kawah Gunung Galunggung.

PUNCAK
Puncak Galunggung adalah bibir kawah. Umumnya pengunjung menikmati pemandangan kawah dari puncak bibir kawah tersebut. Karena sudah disulap sedemikian rupa dengan lampu-lampu dan spot-spot untuk foto, maka pengunjung akan terus ramai berdatangan mengunjungi gunung api yang pernah menewaskan 4.011 jiwa ini.

Namun ada hal aneh yang sering dirasakan para wisatawan khususnya para fotografer. Kawah Galunggung selalu indah dipandang mata, namun saat diabadikan dalam foto justru terlihat kurang bagus. Hal ini berkembang menjadi mitos di kalangan wisatawan. Konon di kawasan Kawah Galungung adalah pemukiman bangsa jin. Mitos lain yang berkembang yakni larangan memancing ikan di kawah (membentuk danau). Ada cerita juga yang mengisahkan Pesawat British Airways di tahun 1982 menabrak kabut hitam di atas Galunggung dan empat mesinnya mati mendadak, namun setelah kabut tersebut terlewati mesin pesawat kembali menyala.

Nama lain : Beuticanar
Elevasi : 2.168 mdpl
Lokasi : Jawa Barat
Jenis : Stratovolcano Tipe A
Pengelola : Pemerintah Tasikmalaya
Keistimewaan : Ada mushola yang berdiri di dalam kawah Gunung Galunggung
Jalur pendakian : Jalur Wisata
Tempat Ikonik : Kawah Galunggung
Puncak : Puncak Galunggung
Lama pendakian : 30 menit – 5 jam
Koordinat : 7°15’26.7″S 108°04’50.8″E dan 7°14’51.4″S 108°03’35.6″E
Level pendakian : wisata

Baca Juga : Gunung Telaga Bodas dan Gunung Bukit Tunggal

Maps

Maps

  • 87%
    - 87%
  • 86%
    - 86%
  • 93%
    - 93%
88.7%
Sending
User Review
0 (0 votes)