GUNUNG FATU TIMAU (1.774 MDPL)

Gambar Gunung Fatu Timau
c: @roy_riwu

GUNUNG FATU TIMAU (1.774 MDPL)
Di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Gunung Fatu Timau adalah sebuah gunung tidak aktif yang berbentuk seperti piramida yang terletak di Kupang, NTT. Gunung ini berbentuk kerucut piramid dilihat dari sisi manapun. Gunung Fatu Timau memiliki ketinggian 1.774 mdpl.

Kaki Gunung Fatu Timau adalah kawasan hutan yang luas. Kawasan Hutan Fatu Timau merupakah salah satu yang terluas di Pulau Timor, NTT. Kawasan hutan tersebut terdiri dari savana-savana yang berbukit-bukit. Berada di kawasan Fatu Timau, kita bisa melihat tata surya dari segala penjuru. Hal ini ada kaitannya dengan bidang astronomi. Oleh sebab itu, pemerintah mencanangkan pembangunan pusat observasi Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) di kawasan ini. Jika pembangungan tersebut telah terealisasikan, maka itu adalah Pusat Observasi Antariksa terbesar di Asia Tenggara.

PENDAKIAN
Jalur pendakian Gunung Fatu Timau terletak di Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang. Jalur untuk menuju titik pendakian terbilang cukup terjal. Pendakian mencapai puncak hanya membutuhkan 1,5 jam saja mengingat titik pendakian adalah berada di ketinggian 1.400 mdpl.

PUNCAK
Puncak Gunung Fatu Timau adalah lahan yang berbatu dan tidak ada tumbuhan. Ada pilar dari semen yang menandakan puncak tertinggi Gunung Fatu Timau. Berada di puncak akan terlihat pemandangan Gunung Mutis.

buku 199 gunung

Nama lain :
Elevasi : 1.774 mdpl
Lokasi : Nusa Tenggara Timur
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Kupang
Keistimewaan : Tempat melihat tata surya dari segala penjuru
Jalur pendakian : Amfoang Tengah
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Fatu Timau
Lama pendakian : 1,5 -2 jam
Koordinat : 9°34’49.2″S 123°56’22.2″E
Level pendakian : mudah

Baca Juga : Gunung Mutis & Gunung Lakaan

Maps

  • 89%
    - 89%
  • 82%
    - 82%
  • 88%
    - 88%
86.3%
Sending
User Review
0 (0 votes)