GUNUNG DJADI (1.200 MDPL)

Gambar Gunung Djadi Riau
@hairuzi

GUNUNG DJADI (1.200 MDPL)
Di Provinsi Riau

Gunung Djadi terletak di Hulu Sungai Kampar, Kecamatan Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Provinsi Riau dianggap tidak memiliki gunung karena memang lokasinya didominasi oleh daratan rendah dan tidak dilewati Pegunungan Bukit Barisan. Namun, di wilayah Kampar, tercatat ada perbukitan yang menjadi titik tertinggi di Provinsi Riau. Bukit tersebut dinamakan Bukit Jadi. Bukit Jadi memiliki titik tertinggi pada 1.200 mdpl. Bentuk tubuh gunung itu sendiri bukanlah seperti pada umumnya gunung yang mengerucut, Bukit Jadi berbentuk punggungan gunung dengan elevasi di bawah 1.000 mdpl. Meski tidak begitu tinggi, namun vegetasi yang ada cukup rapat.

PENDAKIAN
Saat melakukan pendakian Gunung Jadi, kita akan dimanjakan dengan air terjun yang totalnya mencapai 7 air terjun. Meski elevasi tidak tinggi, namun Gunung Jadi memiliki 10 puncak. Secara umum, pendakian gunung ini terbilang sulit, karena memang masih jarang didaki. Keberadaan Gunung Jadi saja masih jarang orang yang tahu. Begitupun bagi masyarakat Riau sendiri yang umumnya bukan para pendaki gunung. Selain itu, alasan ‘angker’ yang disematkan oleh masyarakat setempat semakin menjadikan Gunung Jadi sukar untuk didaki. Mitos-mitos yang beredar yakni berkaitan dengan adanya Suku Hunian dan Liliput yang menghuni Gunung Jadi tersebut.

Bagi para pendaki tentunya harus mencoba untuk mendaki Gunung Jadi, terutama bagi masyarakat Riau sendiri. Keberadaan Gunung Jadi harus menjadi daya tarik bagi pariwisata di Provinsi Riau.

Nama lain : Bukit Jadi
Elevasi : 1.200 mdpl
Lokasi : Riau
Jenis : Non-volcano
Pengelola : Pemerintah Kampar
Keistimewaan : Gunung Tertinggi di Provinsi Riau
Jalur pendakian : ?
Tempat Ikonik :
Puncak : Puncak Djadi
Lama pendakian : ?
Koordinat : 0°14’14.8″S 100°56’41.6″E
Level pendakian : sedang

buku 199 gunung

Maps

  • 71%
    - 71%
  • 74%
    - 74%
  • 71%
    - 71%
72%
Sending
User Review
0 (0 votes)